oleh

TMMD ke 111 Gairahkan Semangat Gotong Royong

Kupang, NTT

Kehadiran TNI dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-111 Kodim 1604/Kupang tahun 2021 membawa dampak yang sangat positif bagi pelestarian tatanan budaya yang hampir punah dilahap arus modernisasi dan globalisasi.

Budaya gotong royong yang diwariskan oleh leluhur bangsa ini perlahan ditinggalkan. Sifat keakuan lebih menonjol. Namun, kehadiran TNI di tengah masyarakat dalam program TMMD menggairahkan kembali semangat gotong royong.

Betapa tidak, dengan tema “Sinergi untuk Membangun Negeri”, TNI dengan semangat dan jiwa korsa, mengajak seluruh lapisan masyarakat di desa untuk bersama – sama membangun Negeri.

Komadan Koramil 1604-03/Amarasi Kapten Inf. Lalu Yuli Ifnu Fajar, mengungkapkan, kehairan TNI di 3 Desa di Kecamatan Amarasi Selatan yakni Desa Sahraen, Desa Nekmese dan kelurahan Sonraen, membangkitkan semangat gotong royong warga setempat.

“Seluruh masyarakat, baik tua, muda, laki – laki, perempuan bahkan anak-anak ikut andil dalam membangun fasilitas umum yang dikerjakan dalam TMMD kali ini,” ujar Kapten Inf. Lalu.

Menurutnya, semangat gotong royong terlihat mulai dari hari pertama sampai saat ini. Semua pekerjaan yang berat pun terasa ringan.

“Saat bapak – bapak sedang bergotong royong membangun fasilitas umum seperti Sekolah dan Rumah Ibadah, ibu-ibu sibuk memasak untuk sajian sarapan, makan siang dan makan malam untuk anggota satgas dan masyarakat,” ungkapnya.

Karena itu, menurut Kapten Inf. Lalu Yuli Ifnu Fajar, Kehadiran TMMD tidak hanya membantu pemerintah Daerah mendorong akselerasi pembangunan nasional hingga tersebar ke pelosok, namun berperan membangkitkan semangat gotong royong dan cinta tanah air.

“Saya berharap kebersamaan ini kita terus pelihara, nilai budaya gotong-royong terus kita hidupkan dalam membangun daerah Kabupaten Kupang. Hasil program TMMD ini semoga dapat bermanfaat secara maksimal dan mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya

Baca Juga:  Diguyur Hujan, TNI di Batas NKRI - RDTL Tetap Semangat Tinjau Patok Perbatasan

Untuk diketahui, dalam TMMD kali ini, TNI bersama masyarakat membangun 3 ruang kelas SMP Kristen 1 Amarasi Selatan, Pembangunan 1 ruang guru SMP 1 Amarasi Selatan, Bangun 1 Unit MCK dengan 2 ruang, Rehap Kapelan St. Benediktus Sahraen Amarasi Selatan, Rehap Gereja Imanuel Sahraen Amarasi Selatan, rehap rumah pastori serta beberapa kegiatan non-fisik lainnya. ***

Komentar

Berita Terkait