oleh

Diciduk Polisi, Gadis Viral yang Hina Nakes Terancam 6 Tahun Penjara

Kupang, NTT

Gadis belia di Kota Kupang, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sempat videonya viral di media sosial akhirnya diamankan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Nusa Tenggara Timur, Minggu (31/1/2021) petang.

Dalam dua videoyang sempat viral, gadis viral itu membuat konten video ujaran kebencian, terhadap tenaga medis dan pemerintah tentang penanganan virus covid-19.

Gadis kelas sembilan salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Kupang ini berinisial GSDS. Dua video yang dibuat itu kemudian dengan cepat beredar luas di facebook dan group whatsapp warga Kupang.

“Kita amankan di rumahnya. Dia mengakui bahwa kedua video tersebut dia sendiri yang buat di ruangan ADL (Aktifitas Dalling Liffing), UPTD Kesejahteraan Sosial Tuna Netra Dan Karya Wanita, Dinas Sosial NTT. Namun Ia mengaku tidak pernah menyebarkan vidio tersebut,” ujar Kabid Humas Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto kepada wartawan saat menggelar konferensi pers di Polda NTT, Minggu (31/1/2021).

Menurut dia, motif pelaku membuat video itu karena menonton video seorang pasien Covid-19 di RSUD Naibonat yang meninggal dunia, namun ditempatkan bergabung dengan pasien lain. Meski demikian, pelaku tidak mengetahui siapa yang menyebarluaskan video-video tersebut.

“Pelaku membuatkan enam video terkait covid-19 namun yang viral hanya dua video, yaitu video soal covid-19 hoax dan dokter beserta perawat goblok,” katanya.

Atas perbuatannya, GSDS dijerat dengan Pasal 45A ayat (2) UU 19/2019 sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan atau denda paling banyak Rp1 miliar. (MBN01/*)

Komentar

Berita Terkait