oleh

Maknai Hari Ibu, Jasa Raharja Luncurkan Program ‘Woman Care’

Kupang, NTT

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kaum perempuan, Jasa Raharja bersama Polda NTT, Indonesia Financial Group bekerjasama dengan Grab Teknologi Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, dan Rumah BUMN dengan Bank Mandiri sebagai Koordinator, menginisiasi sebuah program yang diberi nama Woman Care Day.

Kepala Jasa Raharja NTT, Radito Risangadi, saat lounching program penguatan dan pengembangan woman care day, Selasa (22/12/2020) mengatakan Isu kekerasan terhadap perempuan dan tingginya tingkat kemiskinan di NTT merupakan triger diinisiasinya program ini.

Sasaran dari program ini adalah kaum perempuan yang ditinggal suami karena kecelakan, sehingga berakibat pada merosotnya tingkat ekonomi.

“Dari data kami adalah sebesar 63% mengalami pemiskinan pasca ditinggal oleh tulang punggung keluarga”, kata Radito.

Dijelaskan pula, setelah dilakukan penyerahan santunan oleh Jasa Raharja, para janda yang menjadi ahli waris dapat diberikan opsi untuk menggunakan santunan dimaksud sebagai penyambung kehidupannya melalui wadah Program Women Care day.

Menurutnya, para janda ini akan diberikan pelatihan tentang cara produksi baik makanan, kerajinan, atau usaha kecil lainnya, sampai dengan cara pemasaran produk dimaksud, termasuk cara pembuatan konten yang menarik di media sosial.

“Platform yang kami sediakan adalah melalui pemasaran digital karena lebih efektif dan efisien mengena pada sasaran”, jelasnya.

Jasa Raharja juga telah mendapatkan dukungan dari Grab Teknologi Indonesia melalui program Grab Food dan dalam waktu dekat melalui Grab Mart dan juga Pasar.Id dari Bank Rakyat Indonesia.

“Dukungan dari komunitas UKM juga didapatkan dari Rumah BUMN dimana di wilayah NTT ini sebagai koordinator adalah Bank Mandiri, sehingga para janda akan mendapatkan dukungan dari komunitas dalam mengembangkan usahanya”, pungkasnya.

Radito juga menjelaskan, setelah menjalankan usahanya, dukungan modal lanjutan akan dapat diperoleh dari KUR Mikro dari BRI dan Program Kemitraan dari IFG.

Baca Juga:  Jasa Raharja Serahkan Santunan Bagi Korban Lakalantas Belu

Sementara itu, pimpinan Bank BRI Cabang Kupang, Stefanus Juarto, S.E., mengatakan, berkenaan dengan peringatan hari ibu yang jatuh pada 22 Desember 2020, dan juga sebagai bentuk dukungan terhadap program woman care day, Bank BRI memberikan pelayanan KUR khusus kepada ibu – ibu yang ditinggal suami akibat kecelakaan (Laka Lantas).

“Yang kita berikan tadi adalah janda akibat kecelakaan”, jelas Stefanus.

Perhatian kepada para janda, lanjut Stefanus, merupakan kerja sama antara BRI dan Jasa Raharja.

“Jasa Raharja memberikan pelatihan, kami (BRI) memberikan modal untuk mereka usaha”, terangnya.

“Saat ini baru tujuh (7) orang yang dilatih, fan itu kami beri kredit”, imbuhnya.

Terkait besaran dana yang dikucurkan, Stefanus mengatakan, disesuaikan dengan jenis dan kondisi usaha yang dilakoni.

“Besarannya berfariasi, tapi minimal memang di kondisi pandemi ini, pinjaman KUR ini yang kami perbanyak karena bunganya ringan”, tandas Stefanus.

Selain bantuan dana, Stefanus juga menjelaskan bahwasanya BRI juga menyiapkan market place.

Platform digital yang kami siapkan yakni Pasar.id, ini juga bisa mempermuda teman – teman pengusaha yamg lain untuk memasarkan produk mereka”, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama ketua Komnas Perumpuan, Andy Yentriyani, yang ikut menyaksikan Via Zoom menyampaikan ucapan terima kasih Kepada Polda NTT, Jasa Raharja dan Semua Stake Holder karena telah mempersembahkan sesuatu yang spesial di moment hari ibu dan tentunya Ketua Komnas Perempuan berharap program ini terus berjalan dan dapat menjadi pilot Project di Provinsi Lainnya. (MBN01/***)

Komentar

Berita Terkait