oleh

Gali Sejarah Pendirian Sekolah, SMA Efata SoE Gelar Seminar

TTS, NTT

Mendalami sejarah pendirian sekolah, SMA Efata Soe melakukan Seminar hasil penelitian dan penulisan buku, dengan judul ”dibalik berdirinya SMA Efata Soe” di aula SMA Efata Soe, Kamis (17/6/2021).

Hadir dalam seminar hasil penelitian dan penulisan buku, Kadis PK Provinsi NTT Linus Lusi, S.Pd, M.Pd, Kadis PK Kabupaten TTS Hans Banunaek, korwas SMA/SMK Drs. Ngelu Njudang, anggota DPRD kabupaten TTS, Uksam Selan selaku alumni SMA Efata Soe dan alumni/dosen FKIP Sejarah Undana, ketua yayasan/pelaku sejarah.

Pemeteri dalam seminar tersebut ada tiga orang guru yang berasal dari SMA Efata Soe Nitanel Imanuel Nokas, S.Pd, Abieter G Kune, S.Pd, MM, Steven Banoet, S.Pd.

Korwas SMA/SMK, Drs.Ngelu Njudang, dalam arahannya digelarnya seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas yenaga pendidik dan kependidikan di sekolah yang dibangun sejak tahun 1993 itu.

”Untuk guru-guru semua harus mengikuti kegiatan seminar penelitian dan penulisan buku ini tanpa terkecuali, dan untuk bisa meningkat prestasi guru,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala dinas PK provinsi NTT Linus Lusi, S.Pd, M.Pd mengatakan dibalik berdirinya Efata pasti ada persoalan dan pendidikan muncul karena ada persoalan, dan dalam penelitian-penelitian seperti ini lembaga prensi, sumber dan penulisan-penulisan yang bersejarah.

”Kegiatan hari ini dalam bedah buku dengan sangat strategis dan mengkaji perjalanan sejarah Efata, dan makna dari Efata adalah utama untuk semua jemaat-jemaat, dan semua sekolah-sekolah GMIT yang ada kabupaten TTS,” ungkapnya.

Apapun sekolah yang berbasis kristen dari unsur manapun harus selalu berkordinasi dengan GMIT.

”untuk para pendeta-pendeta bisa membangun sekolah unggulan, untuk para pendeta tua atau muda supaya mendidik anak berbasis kasih dan keteladan kristen, Sehingga anak-anak mendapat karakter yang baik untuk perjalanan hidup mereka kedepan,” tegasnya

Kepala SMA Efata Soe, Rofis E Selan, S.Pd, M.Pd. menyampaikan, bahwa sejarah tentang sekolah tersebut belum tertuang dalam bentuk tulisan, oleh karena pihaknya bersepakat untuk diseminarkan agar bisa diketahui secara pasti sejarah berdirinya sekolah itu.

”Kami berharap setelah seminar ini, kita bisa satu perseosi, satu versi saja tentang sejarah SMA Efata Soe, sehingga kami di dalamnya tau persis sejarahnya seperti apa, dan kalau bisa menentukan langkah kerja kami secara pasti,” ungkapnya.

Laporan : Daud Nubatonis (Kontributor MBN TTS)

Komentar

Berita Terkait