oleh

Bersaing Pimpin DPD Demokrat NTT, Jeriko Pecundangi Leo Lelo 1 Suara

Kupang, NTT

Persaingan untuk merebut kursi pimpinan DPD Demokrat NTT periode 2021 – 2026 cukup sengit. Jefri Riwu Kore dan Leonardus Lelo bersaing sangat ketat dalam Musyawarah Daerah (Musda) IV DPD Partai Demokrat NTT, Jumat (15/10/2021).

22 DPC Demokrat NTT dibagi rata. Calon petahana, Jefri Riwu Kore mendapat dikungan dari 11 DPC dan 11 lainnya mendukung Leo Lelo.

Namun akhirnya Jefri Riwu Kore mempecundangi Leonardus Lelo dengan satu (1) suara dari DPD.

Berdasarkan hasil verifikasi yang dibacakan Ketua Deputi 2 Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Jimmy Setiawan, dukungan untuk Jefri Riwu Kore yakni dari DPC Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS, TTU, Belu, Malaka, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sumba Timur, Sumba Tengah dan Alor. Sementara dukungan untuk Leonardus Lelo berasal dari DPC Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagekeo, Ngada, Sikka, Ende, Flores Timur dan Lembata.

Forum Musda yang terdiri dari ketua-ketua DPC dan DPD lalu menetapkan Jefri Riwu Kore dan Leonardus Lelo menjadi calon Ketua DPD Partai Demokrat NTT Periode 2021-2026. Selanjutnya, kedua nama ini dibawa ke DPP Partai Demokrat untuk mengikuti fit and proper test.

Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron mengatakan forum Musda resmi memutuskan dan menetapkan 2 calon yakni Jefri Riwu Kore dan Leonardus Lelo. “Tahapan berikut adalah fit and proper test yang akan dilakukan DPP,” kata Herman yang memimpin sidang Musda DPD Demokrat NTT.

Herman mengatakan jadwal fit and proper test akan ditetapkan oleh DPP. Oleh karena itu, kedua calon yang telah ditetapkan di Musda akan mengikuti fot and proper test di DPP Demokrat nanti. Selanjutnya, Ketua Umum Demokrat bersama Sekretaris Jenderal dan Kepala BPOKK akan menetapkan satu calon menjadi Ketua DPD Demokrat NTT Periode 2021-2026.

Baca Juga:  Simpatisan Demokrat Kubu Moeldoko Meningkat di NTT

Terpisah, dalam sambutan secara virtual usai sidang Musda, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsyah mengatakan, kedua calon yang ditetapkan ini memiliki komitmen dan cita-cita untuk membesarkan partai. Oleh karena itu, menurutnya, siapapun yang akan dipilih oleh DPP semua kader harus tetap solid dalam rangka kemenangan Partai Demokrat pada tahun 2024 nanti.

“Apapun keputusan DPP harus didukung satu sama lain demi kebesaran partai kita yang kita cintai dan banggakan ini,” tegas Sekjen. (*)

Komentar

Berita Terkait