oleh

‘Luka Seroja Menganga’, Warga Terdampak Masih Mengungsi tapi Hilang dari Data Penerima Bantuan

Rote Ndao, NTT

Empat bulan Badai Seroja berlalu. Namun luka akibat garangnya angin asal benua Kanguru itu masih menganga.

Warga yang rumahnya hancur disapu Seroja masih menangis dalam ketidakberdayaan. Betapa tidak, bantuan untuk warga terdampak Seroja tak kunjung tiba. Bahkan ada yang mengeluh lantaran tak tersentuh bantuan, yang katanya untuk warga terdampak.

Kornelis Baoksuni, warga RT 11/ RW 06 Lingkungan 03, kelurahan Londalusi Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, mengaku sangat kecewa mendapat informasi jika ada warga yang diminta untuk membuka rekening agar bisa mengakses bantuan Seroja, namun dirinya tidak termasuk dalam data penerima bantuan itu.

“Saya cek ternyata di kelurahan Londalusi hanya satu orang saja yang namanya keluar sebagai penerima bantuan, sedangkan sampai sekarang ini saya bersama isteri dan anak masih mengungsi di rumah orang,” ungkap Nelis.

Nelis mengaku, jika kerusakan yang dialaminya sangat parah, bahkan tembok yang masih tersisa juga sudah goyang, karena itu Ia dan keluarganya tidak berani kembali menghuni rumah tersebut karena takut sewaktu – waktu bisa ambruk dan menimpa mereka.

“Waktu pendataan kita sudah didata oleh pemerintah setempat, sabagai masyarakat awam kita tau bahwa kalau sudah didata pasti dapat bantuan, taoi sayangnya saya punya nama hilang, entah hilang di mana, hanya Tuhan yabg tahu” ujarnya.

“Kita hanya butuh keadilan dan penjelasan dari pemerintah terhadap kita yang terdampak tapi nama tidak keluar sebagai penerima bantuan,” tambahnya.

Tak hanya Kornelis dan keluarganya, masih banyak lagi warga yang mengalami nasib serupa, namun mereka hanya merintih dalam diam. Dengan harapan, pemerintah membuka mata hati agar melihat penderitaan rakyatnya dengan hati.

Baca Juga:  Pemkab Harus Tingkatkan Koordinasi agar Kekurangan Logistik 'Dibackup' Pemprov NTT

Lurah londalus, Denny Bolla, saat di konfirmasi melalui telepon seluler, Senin (9/8/2021) menjelaskan bahwa sudah semua warga yang terdampak bencana Seroja diusulkan kepada Bupati Rote Ndao melalui dinas PMD. Bahkan menurutnya sudah dilakukan verifikasi.

“Untuk data Seroja kita sudah kasih masuk semua, jadi untuk tindakan dari pemerintah daerah dan pusat itu seperti apa itu saya tidak tahu,” kata Denny Bolla.

“Intinya bahwa waktu itu nama semua kita usulkan, tidak ada yang terlewatkan,” imbuhnya.

Lurah menjelaskan, saat verifikasi terakhir oleh tim dari tingkat Kabupaten, dinas kesehatan yang melakukan verifikasi di kelurahan Londalusi.

“Jadi data yang keluar sekarang atas nama Nofri Haudali, itu hasil pendataan terakhir atau verifikasi terkahir dari dinas kesehatan,” tutupnya.

Entah siapa yang harus menanggung air mata warga yang terdampak bencana yang namanya hilang dari data penerima bantuan.

Laporan : Mekris Ruy (Kontributor MBN Rote Ndao)

Komentar

Berita Terkait