oleh

Jaga Ketahanan Pangan, Koramil 1627-02/ Papela Ajak Warga Kelola Lahan Tidur

Rote Ndao, NTT

Guna meningkatkan ketahanan pangan di tengah gempuran pandemi COVID-19, Koramil 1627-02/ Papela mengajak masyarakat mengelola lahan tidur yang ada di wilayah tersebut.

“Jadi dengan adanya pendemi covid 19 ini, TNI bersama-sama masyarakat kelompok tani memberdayakan lahan-lahan yang kosong untuk ditanami kacang tanah organik dan jagung sehingga tidak terpuruk kehidupan masyarkat”, kata Danramil 1627-02/ Papela, Kapt.Inf. Suparmin, Senin (11/1/2021).

“Kami ada 6 anggota TNI dari Koramil 1627- 02/ Papela, sama-sama dengan masyarakat kelompok tani yang ada di Desa Lakamola, dusun Oenguni, kita sama-sama membersihkan kebun kacang tanah yang sudah kami tanam dari 1 minggu yang lalu”, imbuhnya.

Menurut Kapt.Inf. Suparmin, kegiatan ini merupakan program Pangdam, bahwasannya di tiap-tiap kodim ada koramil unggulan untuk ketahanan pangan meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pendemi covid 19.

“Tanaman unggulannya kacang nurik organik. Luas lahan satu hektar lebih dengan jumlah anggota tani dari masyarakat sebanyak 10 orang dan anggota TNI sebanyak 6 orang”, ungkapnya.

Dikatakan pula, lokasi pertanian tersebut juga merupakan kawasan bebas rokok.

“Kalau kita memasuki area ini tidak boleh merokok, tidak boleh makan sirih pinang, dan tidak boleh ada penyemprotan bahan kimia apapun”, tegas Kapt. Inf. Suparmin.

Dia berharap, dengan adanya program ketahanan pangan dari TNI, masyarakat tetap sejahtera kendati dihimpit pandemi COVID-19.

Pada kesempatan itu, Kapt. Inf. Suparmin, juga mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yakni menggunakan masker, mencuci tangan di air mengalir dan menjaga jarak agar dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19. (Mekris Ruy)

Komentar