by

Sampah Akan Jadi Berkah di Tangan Harmoni

Metrobuananews.com | Kupang – Selama ini sampah merupakan momok yang menakutkan dan sangat menggangu lingkungan,  namun pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur NTT, Benny K Harman dan Benny A Litelnoni dengan nama paket Harmoni, bertekat merubah sampah menjadi berkah bagi masyarakat.

Komitmen itu bukan retorika dan konsep belaka namun sebuah keniscayaan yang dipersiapkan dengan baik untuk mengatasi masalah sampah.

Kendati baru sebatas paslon, namun paket nomor urut tiga ini, sudah membuktikan bahwa sampah bisa jadi berkah melalui sebuah inovasi sederhana yang bernilai ekonomis.

Sebuah alat sederhana diciptakan paket Harmoni dapat merubah sampah menjadi asap cair, disumbangkan kepada masyarakat di pasar Oeba,  Kota Kupang, saat cagub Benny K Harman blusukan di wilayah tersebut.

Dibantu oleh para relawan Harmoni, Benny K Harman mendemostrasikan cara pemanfaatan alat serta menjelaskan manfaatnya.

Menurut BKH,  ketika alat tersebut sudah dioperasikan maka masyarakat tidak akan sembarang membuang sampah. Semua sampah tentu akan disimpan dengan baik kemudian diproses menjadi produk yang akan menghasilkan lembaran – lembaran rupiah.

Produk yang dihasilkan berupa asap cair merupakan hasil kondensasi atau uap hasil pembakaran secara langsung atau tidak dari bahan-bahan yang mengandung liknin, selulosa, hemiselulosa dan senyawa lainnya.

Di bidang pertanian, lanjut BKH, asap cair digunakan untuk meningkatkan kualitas tanah dan menetralisir asam tanah, membunuh hama tanaman, dan mengontrol pertumbuhan tanaman serta digunakan sebagai pengusir serangga.

“Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, paket Harmoni berinovasi mendayagunakan sampah menjadi produk yang bernilai ekonomis dan bermanfaat bagi petani”, ujar BKH saat blusukan sekaligus menyerahkan alat pengolah sampah kepada masyarakat di pasar Oeba beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, lanjut BKH, sampah bukan lagi sesuatu yang menakutkan dan merusak lingkungan tetapi menjadi berkah bagi masyarakat bahkan dia meyakini dengan inovasi tersebut, sampah tidak dibuang sembarang tetapi disimpan dengan rapi layaknya barang berharga.

Usai menyaksikan demonstrasi pembuatan asap cair, seorang warga Kota Kupang, Maudy Janeta Denga, mengakui, terobosan yang dibuat paket Harmoni untuk menjaga kebersihan lingkungan sangat bagus dan sangat membantu masyarakat.

“Dengan adanya alat ini sangat membantu masyarakat dan masyarakat juga mendapat income”, jelas Maudy.

Maudy

Maudy berharap, dengan manfaat asap cair yang begitu beragam, segera disosialisasikan kepada masyarakat terutama petani. dengan harapan bisa mengurangi biaya produksi dan menghasilkan produk yang ramah lingkungan.

Dia juga menghimbau seluruh masyarakat NTT untuk mendukung paket Harmoni, agar dapat menjalankan semua program pro rakyat khususnya inovasi peduli lingkungan. (MBN01)

 

Comment