by

Yahya Eik, Sarjana yang Terpanggil untuk Sejahterakan Masyarakat Desa Pukuafu

Rote Ndao, NTT

Genderang politik pilkades serentak di kabupaten Rote Ndao mulai ditabuh. Putra – putri terbaik Negeri Sejuta Lontar mulai berbenah merebut hati rakyat.

Pukuafu merupakan salah satu desa di Kecamatan Landu Leko, Kabupaten Rote Ndao yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa.

Sebagai putra daerah, Yahya Eik terpanggil untuk ikut dalam kontestasi pemilihan kepala desa di Desa Pukuafu.

“Saatnya anak muda membangun desa. Saya terpanggil untuk berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat di daerah ini”, kata Yahya usai mendaftarkan diri pada panitia pilkades, Jumat (16/10/2020).

Dengan Visi, terwujudnya Desa Pukuafu yang maju, transparan, berdaya saing, berbudaya, kreatif dan berakhlak mulia, Sarjana dari salah satu perguruan tinggi di NTT ini siap membangun dan menyejahterakan masyarakat Desa Pukuafu.

“Bagi saya, transparasi dalam pengelolaan dan penatalaksanaan keuangan desa adalah kunci kemajuan desa”, jelas Yahya.

Menurut pria kelahiran, Rote Dale, 23 Januari 1987 ini, anggaran yang masuk ke desa saat ini sangat banyak. Jika dikelola dengan prinsip transparansi dan melibatkan masyarakat secara partisipatif, maka tidak akan ada “kebocoran” anggaran dan pembangunan berjalan sesuai harapan.

“Tentu desa akan maju pesat dan tidak ada konflik antara masyarakat dan pemerintah”, tandas Yahya.

Oleh karena itu, lanjut Yahya, transparasi akan dijadikan landasan pijak dalam menata pemerintahan desa jika Dia mendapat amanah masyarakat desa Pukuafu.

“Semua boleh datang dengan Visi Misi membagun di segala bidang, mengupayakan kesejahteraan masyarakat dan lain sebagainya, namun jika tidak transparan maka ujung – ujungnya kesejahteraan dimiliki sendiri kemudian rakyat tetap merana”, pungkas Yahya.

Desa Pukuafu memiliki sejuta potensi, baik di bidang perikanan dan kelautan, pertanian maupun peternakan yang belum digali secara maksimal, jika dikelola dengan baik maka akan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Potensi yang kita miliki seperti emas yang masih tertimbun di perut bumi. Tentu dengan prinsip kebersamaan dan keterbukaan, kita akan gali semua potensi untuk kemakmuran masyarakat desa Pukuafu”, ujar Yahya optimis.

Atas nama perubahan, Yahya mengimbau masyarakat desa Pukuafu bersepakat dengan dirinya untuk menjadikan desa Pukuafu menjadi Desa Transparan pada periode 2020 – 2026.

“Saya mohon dukungan dan doa untuk kita berjuang bersama mewujudkan masyarakat desa Pukuafu maju, berdaya saing dan sejahtera”, pinta Yahya. (MBN01)

Comment