oleh

Kembangkan Ekowisata, Unwar Bersinergi dengan Pemda Malaka

Kupang, NTT

Universitas Warmadewa (Unwar) Bali mulai mengepakkan sayapnya dengan mengembangkan ekowisata di Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebagai bentuk keseriusan dalam mengembangkan ekowisata, pihak rektorat membangun sinergitas dengan pemerintah daerah Kabupaten Malaka dan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk menindaklanjuti kerja sama tersebut, Tim dari Universitas Warmadewa (Unwar) Bali melakukan anjangsana ke Kabupaten Malaka.

Sebelum ke Malaka, Tim Unwar beraudien dengan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat. Dalam pertemuan tersebut, Gubernur menyampaikan apresiasi kepada Unwar yang berniat untuk ikut membangun NTT di bidang Pariwisata.

“Saat kami bertemu dengan Pemprov NTT, Bapak Gubernur sangat mendukung program kami dan saat itu beliau menugaskan Dinas Pariwisata untuk bersama-sama dengan kami,” kata Wakil Rektor III Unwar, Dr.Ir. I wayan Perwata, saat temu media di Ja’o Cafe, Rabu (23/6/2022) malam.

Menurut I Wayan, misi utama tim Unwar melakukan anjangsana ke Kabupaten Malaka adalah untuk menindaklanjuti kerja sama yang akan dilaksanakan tahun ini.

“Untuk Pengembangan Ekowisata di NTT, tahun ini kami sudah bekerjasama dengan Kabupaten Malaka,” tandasnya.

Sebagai lembaga pendidikan, Universitas Warmadewa tidak hanya mencetak generasi penerus bangsa yang memiliki SDM yang handal dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi ikut berkontribusi di bidang pembangunan.

“Untuk pengembangan Ekowisata, kita tidak hanya mengajarkan bagaimana menjadi penyedia pasar, akan tetapi bagaimana membuat kebijakan pariwisata yang sesuai dengan kondisi dan tujuan ekowisata dan memiliki sifat keberlanjutan. Itulah mengapa kami menjalin kerja sama dengan perintah,” ungkap I Wayan.

Dia menegaskan, bahwa ptogram yang akan dijalankan di Kabupaten Malaka, harus bisa memberi dampak postif bagi masyarakat sekitar.

“Keberlanjutan suatu obyek wisata akan terjadi apa bila masyarakat sekitar destinasi merasakan secara langsung manfaat positif dari kegiatan pariwisata,” tegasnya.

Para petinggi Unwar yang melakukan anjangsana ke Kabupaten Malaka di ataranya, Wakil Rekor III Unwar, Dr. Ir. I Wayan Parwata, MT., IPU, Asean Eng. Ketua Senat Unwar/Ketua Program Anjangsana : Prof. Aron Meko Mbete. Dekan Fakultas Pertanian : Ir. Dewa Sadguna, MP. Direktur Vokasi, Ir. Gede Pariutama Westra, Wadir II Pascasarjana : Dr. Ngurah Suyatna Yasa, SE., M.Si., Kaprodi MSP Pascasarjana : Dr. Dewa Nyoman Sudita, MP dan Sekprodi MSP : Dr. Yohanes Parlindungan, MP

Komentar

Berita Terkait