oleh

Julie Laiskodat Fasilitasi Petani Rumput Laut yang Terdampak Badai Seroja

Menia, NTT

Anggota Komisi IV DPR RI, Julie Sutrisno Laiskodat membantu ratusan petani rumput laut yang terdampak Seroja di Kabupaten Sabu Raijua. Julie yang juga ketua Teritori Pemenangan Pemilu Wilayah Bali, NTB dan NTT ini telah bertemu dengan para petani rumput laut itu ketika melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sabu Raijua. Tak hanya Petani rumput laut saja yang dibantu, istri Gubernur NTT juga membantu kelompok tenun ikat yang tersebar di enam kecamatan.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Nasdem Kabupaten Sabu Raijua, Lepton Baki Boni mengatakan sebagai fungsionaris partai, pihaknya telah mendapat penugasan dari Julie Sutrisno Laiskodat untuk mengurus semua proses administrasi. Tak hanya itu Wakil Ketua DPRD Sabu Raijua ini mengatakan pihaknya juga turun ke lokasi lokasi petani rumput laut untuk membantu pembuatan proposal.

Proposal itu kata dia, akan disampaikan oleh Julie Sutrisno Laiskodat dalam sidang DPR RI dan tembusan juga sudah disampaikan ke Kementerian terkait. Semua proposal itu kata dia sebelum masuk ke Kementerian, juga telah mendapat persetujuan dari DPP partai Nasdem sebagai aspirasi yang dititipkan oleh para petani rumput laut.

“Sebagai Ketua Partai disini, saya datang datang langsung ke lapangan untuk melihat langsung dilapangan terkait kerusakan yang ada . Sehingga seluruh proposal yang ada tidak hanya sebagai anggota dewan tapi juga sebagai ketua partai harus dilanjutkan DPW Nasdem NTT dan akan diteruskan ke DPP Partai Nasdem,” kata Lepton kepada media disela kunjungan ke perwakilan petani rumput laut di Desa Molie, Kecamatan Hawu Mehara, Selasa, 29/06/2021.

Lepton sempat melakukan dialog dengan beberapa petani rumput laut yang terdampak badai siklon tropis. Ia mengatakan ada kemudahan dalam mengurus proposal bantuan terhadap para petani rumput laut karena garis koordinasi partai secara berjenjang.

Baca Juga:  Bangkitkan UMKM di Masa Pandemi, Dekranasda NTT Luncurkan Aplikasi Belanja Online

“Ibu Julie ini ada di Komisi IV DPR RI yang membidangi Kelautan. Saya kemarin juga sudah ke Kementerian juga, dan proposalnya juga sudah saya sampaikan secara keseluruhan Sabu Raijua. Hari ini saya kesini untuk melengkapi dokumen dokumen yang diperlukan untuk lebih menguatkan kita Punya Proposal. Selain itu untuk meninjau luasan lokasi yang terkena badai ini. Ini perintah dari Ibu Julie juga untuk saat kunjungan ke Lobohede,,” kata Lepton.

Perwakilan Petani Rumput laut yang terdampak Seroja, Martinus Megon mengatakan ia sangat berterima kasih kepada partai Nasdem dan Ibu Julie Sutrisno Laiskodat yang telah melakukan fasilitasi kebutuhan para petani rumput laut di Sabu Raijua yang terdampak badai Seroja. Ia mengatakan Ia menyampaikan kerusakan lahan budidaya rumput laut yang hancur diterjang badai siklon tropis.

” Ketika ibu melakukan kunjungan ke Sabu Raijua di desa Lobohede, saya angkat ini tanggal 11 bulan lima. Kebetulan saya ada, saya peduli dengan kehidupan kita. Saya minta waktu untuk bicara. Kesempatan kita ada karena ada Ibu Gubernur dan Dewan Pimpinan Pusat. Bunda bilang kita turun data. Data itu dikirim ke dewan kabupaten, dewan kabupaten kirim ke pusat lewat kaka Lepton,” ujar Martinus.

Ia menjelaskan di desa Molie ada puluhan petani rumput laut yang terdampak badai Seroja. Dampak itu kata dia, bukan saja lahan budidaya dan perlengkapan, juga rumah dan perahu nelayan rusak berat. Sebagai masyarakat kecil ia sangat berterima kasih dengan fasilitasi bantuan yang dilakukan oleh partai Nasdem secara berjenjang. (MBN01/ tim)

Komentar

Berita Terkait