oleh

Air Mancur Menari Bundaran Tirosa, Keindahan yang Masih “Diselimuti” COVID-19

Kupang, NTT

Pengerjaan proyek Air Mancur Menari di bundaran Patung Tirosa, Kota Kupang, NTT, menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dan dana promosi Bank NTT, telah rampung pada Februari 2021.

Kendati demikian, hingga saat ini, ikon baru yang akan menjadi kebanggan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) masih “diselimuti” dan belum bisa dibuka untuk umum, mengingat COVID-19 tak kunjung melandai.

Kepala Divisi Umum Bank NTT, Rahmat Saleh Bobby, saat melakukan uji coba pengoperasian air mancur, Jumat (30/4/2021) malam, menjelaskan pengerjaan proyek ini sudah mencapai 100 persen pada bulan Februari 2021

“Sudah selesai 100 persen dan semua peralatan dalam kondisi baik. Ini tinggal tunggu surat izin keramaian dan situasinya kondusif dulu. Karena kalau launching sekarang, pasti mengumpulkan banyak massa, dan jelas melanggar protokol kesehatan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, pihaknya sengaja belum membuka pagar seng yang mengelilingi Bundaran Patung Tirosa, dengan alasan untuk menjaga kemanan seluruh fasilitas yang ada di dalamnya.

“Semua peralatan berfungsi dengan baik. Lima ring itu juga masih berfungsi semua. Tidak ada masalah. Kita hanya tunggu izin keramaian saja dari pemerintah,” tegasnya.

Rahmat menambahkan, seluruh proses pengerjaan proyek tersebut selesai sesuai target pelaksanaan, dan waktu yang ada di kontrak.

“Spesifikasinya juga sesuai semua. Sudah dilakukan pemeriksaan juga oleh konsultan pengawas, dan semuanya aman, tidak ada masalah,” ucapnya.

Sambil menunggu izin keramaian dan waktu launching, pihaknya akan terus melaksanakan uji coba setiap minggu, guna menghindari penyumbatan kotoran. “Takutnya, pipa air tersumbat oleh lumut dan kotoran,” jelas Rahmat.

Dia berharap agar seluruh masyarakat Kota Kupang tetap bersabar menunggu waktu launching Air Mancur Menari Bundaran Tirosa.

“Tinggal tunggu waktu saja. Kita tidak mau dengan kegiatan launching air mancur ini, bisa menjadi masalah karena muncul cluster baru Covid-19. Kesehatan lebih penting daripada hiburan,” pintanya.

Pantauan media, saat dilakukan uji coba peralatan pada Jumat (30/4/2021) sekira 15 menit, pesona air mancur menari yang meliuk – liuk mengikuti irama musik, menghipnotis warga Kota Kupang yang melintas.

Dalam hitungan menit, bundaran Tirosa sudah dipadati warga, sekadar menikmati dan mengabadikan keindahan air mancur menari. (MBN01).

Komentar