oleh

Lantik 5 Penjabat Kades, Camat Therik : Sukseskan Pilkades

Rote Ndao, NTT

Masa jabatan lima (5) kepala desa (Kades) di Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao yakni Desa Matanae , Papela, Lakamola, Pengodua dan Mukekuku, telah berkahir. Dengan demikian pemerintah Kabupaten Rote Ndao mengangkat penjabat Kepala Desa guna menyelenggarakan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakat di masa transisi.

Selain itu, penjabat kepala desa diharapkan menjadi media untuk menyukseskan proses demokrasi pemilihan kepala desa definitif yang akan diselenggarakan pada 19 Desember 2020 mendatang.

Camat Rote Timur, Refly E. S Therik, atas nama Bupati Rote Ndao, saat melantik Lima Penjabat Kepala Desa, Senin (12/10) , mengatakan ada beberapa agenda penting yang saat ini sedang berlangsung oleh karena itu para penjabat yang baru dilantik agar berkoordinasi untuk melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

“Kita harus berkoordinasi secara berjenjang dan bapak ibu dari pihak kecamatan siap membantu saudara – saudara yang mengemban tugas dan tanggung jawab di desa dengan jiwa yang sama dan semangat yang sama maka tidak ada yang sulit untuk di selesaikan”, kata Refly Therik.

Dijelaskan Refly, ada beberapa agenda yang saat ini bergulir yang menjadi tanggung jawab para penjabat. Agenda utama yang harus dilaksanakan adalah menyukseskan proses demokrasi di desa.

“Saat ini peristiwa demokrasi sedang bergulir. Sukseskan pemilihan kepala desa dalam suasana damai, sehingga menghasilkan pemimpin yang benar dan berorientasi pada kepentingan masyarakat”, tegas Refly.

Dia mengingatkan, dalam waktu 3 bulan ke depan, hingga pelantikan yang akan berlangsung pada tahun 2021 mendatang, para penjabat kepala desa akan  berurusan dengan pelaksanaan anggaran, baik dana desa maupun anggaran lainnya di desa, oleh karena itu para penjabat diharapkan melakukan pengelolaan dan penatalaksanaan administrasi secara baik.

Baca Juga:  Kisah Pilu Guru Honor SMP Satap Tenelai di Hari Kemerdekaan

“Saya mau kita semua optimis  walau seberat apa pun tugas yang diberikan asalkan kita melaksanakan dengan tulus iklas dan penuh rasa tanggung jawab serta jiwa melayani masyarakat”, tandasnya.

Sementara itu, penjabat kepala desa Papela, Mardiah Laduma, mengatakan, kendati waktu diperoleh cukup singkat, namun Dia akan bekerja maksimal untuk menyelesaikan agenda pemerintahan yang diembannya.

“Tentunya saya akan berbuat yang lebih bagus lagi dari yang lalu – lalu dan membangun Desa Papela menjadi lebih bagus”, ujar Mardiah singkat.

Terpisah, penjabat kepala desa Lakamola, Petrus Pandie, mengatakan apa yang sudah dilakukan oleh penjabat yang lama akan dilanjutkan sambil melakukan pembenahan baik secarra fisik maupun administrasi.

“Kami akan melanjukan dan melengkapi apa yang belum diselesaikan demi kesejahteraan masyarakat Desa Lakamola”, ujarnya optimis.

Dia berharap seluruh masyarakat Desa Lakamola dapat bekerja sama untuk menyukseskan agenda penting yang sedang berlangsung yakni proses pemilihan Kepala Desa.

Para penjabat Kades di Kecamatan Rote Timur yang dilantik yakni :

  1. Pj Desa Matanae, Jibrael Dethan
  2. Pj Desa Lakamola, Petrus Pandie
  3. Pj  Desa Papela, Mardiah Laduma
  4. Pj Desa Pengodua, Atri Simon Poli
  5. Pj Desa Mukekuku, Lukas Bulan.

Hadir dalam acara pelantikan, para Kepala Desa se – kecamatan Rote Timur dan BPD serta Maneleo, Kepala Danposal TNI AL. Papela, Babinsa, dan Anggota Polsek Rote Timur. (Mekris Ruy).

Komentar

Berita Terkait