by

Langkah Strategis BNN Kota Kupang Perangi Narkoba di Lingkungan Sekolah

Metrobuananews.com | Kupang – Sebagai salah satu upaya strategis mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkotika dan obat terlarang (Narkoba) di lingkungan sekolah, Badan Nakotika Nasional (BNN) Kota Kupang,  menggelar sosialisasi bagi guru SMA/SMK Se-kota Kupang di Hotel Neo Kupang, Kamis (20/9/2018).

Kepala BNN Kota Kupang, M T Sidik, menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan mengingat salah satu faktor Indonesia diserbu peredaran Narkoba adalah rendahnya edukasi tentang bahaya Narkoba.

“Para pengguna tidak mengetahui bahaya Narkoba sejak dini, sehingga terjerumus dan pada akhirnya menjadi ketergantungan”, ungkap Sidik.

Kegiatan tersebut, lanjut Sidik, memiliki tujuan jangka pendek, menengah dan tujuan jangka panjang.

“Dalam jangka pendek diharpkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan menanamkan budaya tanpa Narkoba di lingkungan sekolah”,  jelas Sidik.

Sementara dalam jangka menengah para peserta diharapkan dapat menyebarkan informasi P4GN secara mandiri di sekolah.

“Dan dalam jangka panjang peserta dapat menjadi agen perubahan, motivator dan konstan P4GN sehingga sekolah bebas dari penyalahgunaan Narkoba”, terang Sidik.

Tujuan utama dari langkah strategis yang dilakukan BNN Kota Kupang merupakan alternatif pencegahan yang tepat untuk menciptakan dan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap narkoba di lingkungan sekolah.

Ada beberapa materi yang disajikan dalam kegiatan tersebut antara lain, Publik spkeaking yakni bagaimana cara berpenampilan dan perilaku seorang guru terhadap siswanya dalam perspektif penyalahgunaan Narkoba, Cara mengukur kemampuan atau kapasitas potensi diri sebagai pendidik dan memotivasi anak didiknya agar terhindar dari bahaya Narkoba.

Narasumber yang membawakan materi dalam kegiatan tersebut adalah Mien Patimangoe dari YANUBADI ( Yayasan Nusa Bunga Abadi), DRS. Benediktus Labri, MPSi, dan Adu. ST.MA.CBT (Motivator), dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang. (MBN**)

 

Comment