by

Ribuan Umat Muslim Laksanakan Sholad Ied di Komplek TNI AL

Metrobuananews.com | Kupang –  Ribuan umat muslim di Lantamal VII Kupang dan sekitar Kelurahan Namosain melaksanakan Sholat Idul Adha 1439 H/2018 M di Lapangan Bola Yonmarharlan VII Kompleks TNI AL Osmok, Kupang – NTT.

Imam dan Khotib dalam sholat Ied, Ustad Hidayat Mustafid L.C.M.A, dalam ceramahnya di hadapan ribuan umat, Rabu (22/8/2018), menyampaikan bahwa hakikat qurban pada saat Idul Adha adalah bahwa umat harus kembali kepada tujuan hidup yakni beribadah kepada Allah.

“Karena manusia dan jin tidaklah diciptakan, kecuali untuk beribadah. Sebagaimana ujian Allah kepada Nabi Ibrahim, hikmah dari segala peistiwa qurban tidak lain tidak bukan adalah untuk memperoleh ridho Allah SWT melalui ibadah dengan menjalankan apa yang menjadi perintah Allah. Namun, tidak sekadar ibadah, kita harus ikhlas dalam menjalankan setiap perintah Allah”, ungkap Ustad Hidayat.

Menurutnya Ustad Hidayat, tidak ada kepentingan orang beriman kecuali bahagia dunia dan ahkirat. Dia juga berpesan, agar sebagai umat beragama ikut menjaga keamanan dan ketertiban bangsa dan negara.

Pada kesempatan itu pula, Komandan Lantamal VII Kupang Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H berharap prajurit Lantamal VII Kupang selalu bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehungga akan tumbuh jiwa sosial dan rela berkorban.

“Ini sesuai thema dari Idul Adha Kali Ini yakni Dengan Hikmah Idul Adha 1439 H/2018 M kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan guna membentuk prajurit profesional, rela berkorban dan maunggal denga rakyat”,  ujarnya.

Usai pelaksanaan  Shalat Idul Adha Komandan Lantamal VII Kupang Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H menyerahkan hewan kurban secara simbolis  satu ekor sapi  kepada ketua panitia penyembelihan hewan kurban Letkol Roby Alviza S.T. dengan di saksikan Wadan Lantamal VII Kupang Kolonel Laut (P) Ari Widiatmoko. dan para Asisten Danlantamal VII, Para Kadis/Kasatker Lantamal VII, dan perwakilan ibu Jalasenastri Korcab VII di Lapangan Kompleks TNI AL Osmok Kupang,

Selanjutnya dilaksanakan pemotangan hewan kurban yang diawali langsung oleh hewan kurban dari Komandan Lantamal VII Kupang yang nantinya akan dibagikan dan disalurkan kepada  yang berhak menerimanya.

Terpisah, Ketua Panitia Kurban Letkol Roby Alviza S.T. menjelaskan pada kesempatan Idul Adha kali ini jumlah hewan Qurban yang terkumpul di Kompleks perumahan TNI AL Osmok sebanyak 13 Ekor Sapi dan 25 Ekor Kambing yang rencananya nanti selain dibagikan kepada keluarga besar Lantamal VII juga akan dibagikan kepada warga kurang mampu di Kelurahan Namosain dan sekitarnya.

Hadir dalam acara penyembelihan hewan kurban, beberapa pejabat Lantamal VII Kupang diantaranya Para Asisten Danlantamal VII, Dansatrol Lantamal VII, Para Kasatker Lantamal VII, Danpomal Lantamal VII, Dandenma Lantamal VII dan seluruh panitia penyembelihan hewan Qurban. (MBN01).

Comment