Ciptakan Pilkada Damai, Personil BKO Polda NTT Diterjunkan Ke Desa

0
974

Metrobuananews.com | Ngada – Untuk mewujudkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) damai dan bermartabat, Kepolisian daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) melaksanakan pengamanan kampanye dengan sandi operasi Mantap Praja.

Dalam operasi Mantap Praja, personil polisi Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda NTT, diperbantukan ke polres se – NTT untuk mengamankan proses demokrasi pilkada serentak pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Personil BKO yang diperbantukan ke polres, turun sampai ke desa – desa dan berbaur dengan masyarakat.

Kasatgas Ops BKO Ngada, AKBP, Paulina, melalui Danru BKO sektor Soa, Aiptu, Taryono, kepada media saat melakukan pengamanan kampanye paket Harmoni di desa Ngao Beo, Kecamatan Soa, Senin (28/5/2018) pukul 19.00 Wita, mengatakan hingga saat ini situasi keamanan di wilayah Kabupaten Ngada aman terkendali.

“Kita ditugaskan ke sini untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar tidak terjadi perselisihan dan perpecahan di tengah masyarakat akibat pilkada”, kata Aiptu Taryono.

Lebih lanjut, Aiptu Taryono, menjelaskan, bahwa personil yang ditempatkan di Wilayah Soa sebanyak 8 orang, terdiri dari anggota pol air 5 orang, anggota Serse 2 orang, dan Propam 1 orang.

“Untuk menciptakan suasana Harmonis dalam pilkada, kami melakukan pendekatan dengan bersilaturahmi ke tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan dan para pemuka agama”, ujar Aiptu, Taryono.

Dijelaskan pula, kondusifnya situasi keamanan di wilyah Ngada juga merupakan kerjasama semua elemen masyarakat.

“Tokoh masyarakat sangat mendukung terciptanya pilkada damai”, terang Taryono.

Terpisah, Fransiskus Saverius Subu, seorang tokoh masyarakat di wilayah Soa, mengatakan, keamanan dan ketertiban adalah tanggungjawab bersama seluruh elemen masyarakat dan pihak penegak hukum (Polisi, Red).

“Kita harus bersama menciptakan pilkada damai agar bisa menghasilkan pemimpin yang bersih, jujur dan amanah”, pungkas Fransiskus.

Pantauan media, pengamanan kampanye dialogis paket Harmoni berjalan lancar dan aman.

Selain 8 orang personil BKO Polda NTT, terdapat 1 orang pengawal pribadi yakni, Bripka, Fachmi Alkatiri, yang bertanggungjawab penuh atas pengamanan calon wakil Gubernur NTT, Benny A Litelnoni, yang ikut mengamankan  kampanye malam itu. (Nyongky)