oleh

Pentingnya Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat di Masa Pandemi

Oleh : Rahmi Amelia

Dimasa pandemi ini, kita lebih hanya fokus pada Covid-19. Padahal ada masalah lain di dalam kehidupan manusia yaitu cakupan pemberian Aar Susu Ibu (ASI) Ekslusif yang belum memenuhi target nasional.

Pemberian ASI ekslusif merupakan pemberian Air Susu Ibu saja kepada bayi tanpa tambahan makanan apapun dari 0-6 bulan. Pemberian ASI ekslusif 0-6 bulan sangat penting untuk dilakukan.

Rendahnya pemberian ASI merupakan ancaman bagi tumbuh kembang anak. Bayi yang tidak diberi ASI secara ekslusif dapat berakibat buruk pada gizi dan kesehatan
bayi.

Untuk itu di Masa Pandemi ini kita sebagai tenaga kesehatan mempunyai peranan penting untuk melakukan promosi kesehatan dan preventif. Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat khususnya bagi ibu hamil. Yaitu dengan cara pendekatan dan pemberian edukasi kesehatan tentang pentinnya Pemberian ASI ekslusif 0-6
bulan.

Dengan cara memberikan pendidikan kesehatan tentang pentingnya pemberian ASI ekslusif 0-6 bulan dengan menggunakan media booklet. Penetauan Ibu merupakan factor yang mempenarui perilaku ibu dalam memberikan ASI ekslusif.

Dengan memberikan intervensi kepada ibu hamil menggunakan media booklet ini diharapkan bisa menambah pengetahuan ibu tentang pentingnya pemberian ASI ekslusif kepada bayinya. Dengan cara itu juga kita bisa memotivasi para ibu hamil untuk memberikan ASI ekslusif.

Diharapkan di Masa Pandemi ini bukan halangan kita untuk terus memberikan pendidikan kesehatan. Diharapkan pula dengan pemberian pendidikan kesehatan menggunakan media booklet ibu hamil setidaknya tau apa itu ASI, pentingnya ASI Ekslusif, kandungan ASI dan manfaat ASI.

Komentar

Berita Terkait