oleh

Dukung Progran Kebersihan Pemkot, ASN Laksakan GPS di Jalan Timor Raya

Kupang, NTT

Sejumlah Aparatur Sipil Negara ( ASN) Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang – NTT melaksanakan Jumat Bersih atau Gerakan Pungut Sampah (GPS) di sepanjang jalan Timor Raya, Jumat (18/11/2022) pagi.

Dengan mengambil titik star mulai dari batas wilayah Kelurahan Oesapa Barat hingga batas antara kelurahan lasiana, sejumlah ASN tersebut berjibaku tanpa rasa jijik memungut sampah dari dalam Got di sepanjang jalan tersebut.

Berdasarkan hasil pantauan media Kupang Berita.com, sampah – sampah tersebut di pungut dan dimasukan dalam kantung plastik, selanjutnya diangkut mengunakan mobil pic up untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Pada kesempatan tersebut Lurah Oesapa Kiai Kia juga memberikan himbauan kepada masyarakat dan para pengusaha di sepanjang jalan Timor Raya untuk turut berpartisipasi menjaga lingkungan sekitarnya tetap bersih dari sampah plastik.

“Bersih itu indah, bersih itu sehat. Oleh karena itu, saya minta agar membang sampah pada tempatnya dengan waktu yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Saya harap masyarakat dan para pengusaha dapat menyediakan tempat sampah di rumahnya masing – masing sehingga saat dibawah ke TPS tidak menyulitkan,”ujarnya.

Lurah Oesapa, Kiai Kia, menjelaskan Aksi pungut sampah tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi Penjabat Wali Kota Kupang nomor. 042/B.Pem.188.5.660.1/VIII/ 2022 tanggal 26 Agustus 2022 tentang Penataan Kota, Kepada camat, lurah dan pelaku usaha.

“Melalui aksi ini, kiranya dapat memberikan contoh kepada masyarakat dan para pelaku usaha dalam kesehariannya tidak membuang sampah sembarang,” ungkap Kiai Kia.

Dia mengakui sebagian besar wilayahnya mendapatkan sampah kiriman dari wilayah tentangga saat hujan dan banjir.

“Sampah – sampah dari dalam got ini adalah sampah kiriman. Kita wilayahnya rendah dan selalu mendapatkan sampah kiriman.

Dengan demikian untuk menjadikan wilayah ini bersih dan bebas dari sampah plastik maka kita selalu berjibaku memungut sampah setiap hari,” jelasnya.

Komentar

Berita Terkait