oleh

Soal Pembelian MTN Sesuai SOP, Jaksa : Faktanya Tidak

Kupang, NTT

Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Nusa Tenggara Timur (NTT) meminta Bank NTT untuk membuktikan bahwa pembelian Medium Term Note (MTN) PT SNP senilai Rp50 miliar sudah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Jika pembelian MTN sudah dilakukan sesuai dengan SOP, maka kami minta agar dibuktikan kepada penyidik Kejati NTT,” kata Kepala seksi (Kasi) Penkum dan Humas Kejati NTT, Abdul Hakim kepada wartawan, Kamis, 16 Juni 2022.

Karena menurut dia, berdasarkan hasil penyelidikan penyidik Kejati NTT, pembelian MTN PT SNP senilai Rp50 miliar oleh Bank NTT tidak sesuai SOP. Karena Kepala Divisi (Kadiv) Treasury Bank NTT saat itu, Alex Riwu Kaho melakukannya tanpa sepengetahuan direksi ataupun pejabat lainnya pada Bank NTT.

“Jika memang sudah sesuai SOP, maka silahkan buktikan kepada penyidik. Karena, faktanya tidak sesuai dengan apa yang dikatakannya,” terang Abdul.

Sebelumnya kuasa hukum Bank NTT, Apolos Djara Bonga menegaskan sebelum dilakukan pembelian MTN PT SNP senilai Rp50 miliar telah dilakukan telah sesuai prosedur dan metode, serta telah dilakukan uji tuntas (Due Diligensi).

“Pembelian MTN atau surat berharga senilai Rp50 miliar telah dilakukan secara benar dan serius,” tegasnya.

Komentar

Berita Terkait