oleh

Layak Jadi ‘Role Model’, DPW NasDem NTT Gelar Vaksinasi Tanpa Kerumunan Massa

Kupang, NTT

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem NTT, berhasil memberikan pelayanan vaksinasi bagi ratusan warga Kota Kupang, di Gedung NasDem NTT, selama dua hari, terhitung mulai tanggal 28 sampai 29 Juli 2021.

Menariknya, kegiatan yang diprakarsai oleh Partai NasDem NTT sebagai bentuk dukungan terhadap program percepatan vaksinasi oleh pemerintah ini, tidak sedikit pun menimbulkan kerumunan, kendati berhasil melayani ratusan orang.

Dengan demikian, kegiatan yang digelar oleh DPW NasDem NTT layak dijadikan Role Model, untuk pelayanan vaksinasi di mana saja.

Sekretaris DPW NasDem NTT, Yusak Meok, saat konfrensi di Gedung NasDem, Kamis (29/7), mengatakan vaksinasi yang digelar oleh DPW NasDem NTT itu bagian dari upaya mendukung program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Karena itu, saatnya NasDem mengambil peran untuk mendukung program pemerintah. Karena pemerintah perlu didukung dari segala aspek,” kata Yusak.

Menurutnya, kegiatan vaksinasi gratis yang dilaksanakan ini, merupakan program dari bidang kesehatan DPW NasDem NTT.

“Kita sudah dua hari melaksanakan vaksin untuk masyarakat Kota Kupang. Ini baru awal partai NasDem NTT melakukan vaksinasi dan nanti kita akan selenggarakan lagi,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Bidang Kesehatan, DPW NasDem NTT, dr. Debby Abineno, menjelaskan, pihaknya diizinkan untuk menjadi fasilitator program percepatan vaksinasi oleh pemerintah RI, khususnya pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Kenapa kegiatan ini tidak dipublikasikan pada saat awal? Hal ini karena kami melihat kejadian sebelumnya terjadi kerumunan massa. Terjadi antrean massa. Kami tidak mau hal itu terjadi saat kami menjadi fasilitator, ” kata dr. Debby

Untuk mengantisipasi kerumunan massa, dokter Debby mengatakan, pihaknya merencanakan kegiatan tersebut secara terstruktur, tersistematis dan terukur.

Baca Juga:  TNI Gelar Vaksinasi Tahap 2 Bagi Warga Pesisir Ba'a Rote

“Dari awal pengambilan data itu, kami langsung ke RT, Kelurahan serta koordinator yang telah kami tunjuk untuk mendata masing-masing Kelurahan itu sekitar 30-an orang. Jadi, kami bagi setiap antrean itu sekitar 15 sampai 20 orang per jamnya untuk Minggu ini. Semuanya kita atur,” katanya.

Dalam kegiatan vaksinasi gratis itu, kata dia, pihaknya berkolaborasi dengan satuan tugas, gugus tugas covid-19 Kota Kupang, dan pihak Kepolisian.

“Segala surat perizinan sudah kita susun,” Katanya.

Dikatakan pula, pihaknya mendapat dukungan dari Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dalam kegiatan vaksinasi gratis tersebut.

Ia menambahkan, total warga yang divaksin pada tahap pertama ini berjumlah 250 orang.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem NTT, Elas Jawamara, mengatakan vaksinasi yang dilakukan oleh DPW NasDem NTT diharapkan menjadi Role Model, yang bisa dicontoh, agar ke depan tidak terjadi lagi kerumunan massa akibat antrean vaksinasi yang tidak terkontrol.

Menurut salah satu putra terbaik tanah Humba itu, sistem dan vasilitas yang disediakan partai NasDem sangat menjamin kenyamanan penerima vaksin, seperti, ruangan transit yang nyaman, ruangan Pasca Vaksin juga yang sangat nyaman dan ber-AC.

“Selain Prokes yang ketat, pasca Vaksinasi, masyarakat akan mendapat penjelasan medis terkait Vaksinasi yang telah dilakukan serta didampingi oleh tenaga medis yang stay selama proses vaksinasi,” tutup Jawamara. (MBN01)

Komentar

Berita Terkait