oleh

SMA Efata SoE Gelar In House Training

SoE, NTT

SMA Efata SoE menggelar kegiatan In House Training (IHT) bagi guru dan pengawai, SMA Efata SoE mulai dari tanggal 26 sampai 29 Juni 2021.

”Melaksanakan kegiatan (IHT) di awal tahun pelajaran 2021/2022, untuk pembuatan dokumen 1, 2 dan 3 dan mempersiapkan media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), melalui classroom untuk mempersipakan dan meningkatkan kualitas guru dan pengawai SMA Efata Soe sebelum melaksanakan pembelajaran dikelas,“ kata kepala SMA Efata SoE, Rovis Selan,S.Pd, M.Pd, di ruang kerjanya, Senin (26/7/2021).

Menurut Rovis, ada tiga dokumen yang dipersiapkan, yakni menyiapkan struktur kurikulum, baik intra kulikuler maupun extra kulikuler. Yang kedua, menyanggkut dengan silabus, dan dokumen yang ketiga yakni, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), itu tugas dari guru sebelum melaksanakan pembelajaran, dan skenarionya seperti apa sehingga tujuan pembelajaran itu tercapai.

Apa lagi, lanjut Rovis, selama masa pendemi covid-19 sudah jalani 1 Tahun lebih ini siswa berpikir BDR itu libur, maka dari itu kita memaksakan kegiatan IHT untuk mempersiapkan dokumen – dokumen, dan bisa melatih guru dan pengawai.

“Siswa tidak pernah masuk sekolah maka lewat kegiatan IHT ini juga kami ingin bersepakat bersama dengan teman – teman guru, untuk melakukan KBM di sekolah dalam kegaiatan KBM disekolah ada pembagian siff, jadi satu hari 2 kelas dengan penerapan prokes ketat,” kata Rovis.

Ketua Panitia, Abiatar O. Kune, S.Pd., M.M., menyampaikan, sebelum guru melaksanakan KBM jarak jauh maupun jarak dekat, guru perlu meyiapkan diri dengan materi Kriteria Ketuntasan Minimumnya (KKM).

”Guru juga harus menyiapkan Silabus dan RPP, dan didalam itu semua sudah tercantum apa yang harus ia laksanakan, sebab kalau guru tidak siap RPP, maka di dalam RPP itu sudah tercantum semua kegaitan mengajar atau jangan sampe guru masuk sampe kelas dia harus dari mana kemana,” ungkapnya.

Karena itu, diharapkan agar para tenaga pendidik yang mengikuti kegiatan ini bisa mengaplikasikan apa yang telah diperoleh agar pelayanan terhadap peserta didik bisa berjalan dengan baik walaupun masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Laporan : Daud Nubatonis (Kontributor MBN TTS)

Komentar

Berita Terkait