oleh

Inilah Bansos yang Akan Diterima Masyarakat di Wilayah PPKM Level 4

Jakarta

Sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat di wilayah yang dilakukan PPKM level 4, pemerintah menyiapkan berbagai bantuan sosial guna meringankan beban ekonomi masyarakat.

“Akan dilakukan Pemberian bantuan sosial baru untuk masyarakat di Kabupaten Kota untuk Penerapan PPKM level 4,” kata menteri koordinator bidang perekonomian RI, Airlangga Hartarto, saat konfrensi pers, Minggu (25/7/2021).

Berikut batuan sosial yang akan diterima masyarakat antara lain,

  1. Menambah bantuan kartu sembako, besarnya Rp200 ribu untuk 2 bulan, untuk 18,8 juta penerima manfaat.
  2. Kartu sembako PPKM, unyuk 5,9 jita penerima manfaat. Ini merupakan usulan daerah. Besarannya juga sebesar Rp200 ribu per bulan, selama 6 bulan.
  3. Perpanjangan batuan sosial tunai unyuk bulan Mei dan Juni, ini disalurkan di bulan Juli, sebesar Rp6,14 Triliun untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).
  4. Melanjutkan kuota subsidi internet selama 5 bulan, Agustus sampai Desember, untuk 38,1 juta penerima, sebesar Rp5,54 Triliun.
  5. Melanjutkan diskon listrik selama 3 bulan, Oktober sampai Desember, sebesar Rp1,91 triliun untuk 32,6 juta pelanggan,
  6. Melanjutkan rekening biaya minumum abundamen selama 3 bulan, Oktober sampai Desember, untuk 1,14 juta pelanggan, sebesar Rp420 Miliar,
  7. Tambahan Rp10 triliun untuk kartu pra kerja, di mana ini akan dugunakan untuk bantuan subsidi upah, sebesar Rp8,8 triliun, dan sisanya Rp1,2 triliun untuk kartu pra kerja. Jadi bantuan subsidi upah ini diberikan kepada pekerja yang tercatat di BPJS ketenagakerjaan sebesar 2 kali Rp600 ribu.
  8. Bantuan beras 10 kg untuk 28,8 juta KPM, tahap pertama 20 juta KPM dan tahap kedua ke 8,8 juta KPM,
  9. Bantuan UMK, atau Bantuan usaha produktif mikro atau Banpres , sebanyak 3 juta, masing – masing menerima Rp1,2 juta, dan Rp1,5 juta untuk bantuan warung dan PKL
  10. Bantuan untuk warung dan PKL bagi 1 juta penerima dengan bantuan Rp1,2 juta, dan ini akan dibagikan melalui TNI dan Polri.
  11. Akan diberikan bantuan juga kepada dunia usaha, yaitu untuk biaya sewa toko di pusat perbelanjaan atau mall, akan diberikan insentif viskal berupa pajak pertambahan nilai yang ditanggung oleh pemerintah atau DPP untuk masa pajak bulan juli dan Agustus 2021,
  12. Kemudian akan diberikan untuk sektor lain yang terdampak seperti transportasi, dan pariwisata yang sedang dalam finalisasi. (MBN01)
Baca Juga:  Terapkan PPKM Level 4, Warga Kota Kupang Dilarang Piknik Akhir Pekan

Komentar

Berita Terkait