oleh

Disdukcapil TTS Siap Kerja Ekstra untuk Pelamar CPNS dan PPPK

TTS, NTT

Dinas Kependudukan dan pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), menerapkan sistem pelayanan ekstra untuk para pelamar CPNS dan PPPK yang dokumennya bermasalah di dukcapil.

“Kami siap untuk melaksanakan tugas yaitu melayani para pelamar CPNS dan PPPK, sampai sore hari dan hari libur pun kami meluangkan waktu bagi masyarakat yang mengurus segala persyaratan kalau menggakut dengan dukcapil dan sebagainya,” demikian disampaikan Plt. Kepala Dinas Dukcapil TTS, Abner M.Tahun, di ruang kerjanya, Senin (19/7/2021).

Menurutnya, kendala yang dialami yakni Covid-19 masih berkepanjangan dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyakarat (PPKM) sesuai instruksi Kemendagri diperpanjang sampai tanggal 25 Juli 2021.

“Alat cetak KTP ada 6 unit dan 10.000 blanko siap untuk melayani masyarakat. Tetapi kendala yang dialami yaitu Covid-19,” katanya.

Lebih lanjut Abner mengatakan, Perbandingan pelayanan Disdukcapil sebelum covid-19, lebih banyak pelayanan offline ketimbang online. Pasalnya, pelayanan offline setiap hari bisa mencapai 500 orang.

“Kalau pelayanan online kami disini memang berjalan, tetapi kendala yang kami hadapi adalah kekurangan operator, disini operator 6 orang jadi ada pembagian sift, satu hari itu 2 orang, maka segala pengurusan lewat online sedikit terlambat,” tandasnya.

Dia menegaskan bahwa, Dukcapil tidak sedikit pun berniat untuk mempersulit masyarakat, hanya saja semua terkandala kondisi PPKM saat ini.

“Setelah PPKM berlalu, kita akan lakukan pelayanan oneline maupun offline maka semuanya akan berjalan lancar,” ujarnya.

Dikatakan Abner, pihaknya akan menerapkan sistem jemput bola, yakni turun ke desa untuk melakukan perekaman dan proses adminduk lainnya.

“Kami akan surati pemerintah desa untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang proses pelayanan dukcapil,” pungkasnya.

Laporan : Daud Nubatonis (Kontributor MBN TTS)

Komentar

Berita Terkait