oleh

Danrem 161/WS Silaturahmi ke Dinkes Provinsi NTT, Ini yang Dibahas

Kupang, NTT

Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M kembali melaksanakan kunjungan ke Dinas Kesehatan Prov. NTT dalam rangka bersilaturahmi. Pada kesempatan kali ini, Komandan Korem 161/WS berkunjung ke Dinas Kesehatan Provinsi NTT didampingi oleh Kasi Ops Kasrem 161/Wira Sakti dan Dandenkesyah 09-04-01/Kupang.

Kunjungan tersebut disambut oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kependudukan dan Pencatatan Sipil NTT Bapak Samuel Halundika bersama seluruh pegawai Dinkes Provinsi NTT yang bertempat di Aula Dinas Kesehatan Provinsi NTT di Jln. Palapa No. 22 Kota Kupang, Senin (05/07/2021).

Tujuan dari kunjungan Komandan Korem 161/Wira Sakti tersebut antara lain membahas mengenai perkembangan situasi di Wilayah NTT kaitan dengan pelayanan Vaksin serta penanganan Covid-19 di Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT menyambut baik kedatangan Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo W.R. Jatmoko, S.I.P., M.M. berserta rombongan yang disambut oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Bapak Samuel Halundika beserta Pegawai Dinkes Provinsi NTT.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT Bapak Samuel Halundika menyampaikan “hari ini kita merasa berbahagia dan berbangga karena ada kunjungan mendadak dari bapak Danrem 161/Wira Sakti yang ingin mengetahui bagaimana kondisi kesiapan kita dalam penanganan Covid-19 di NTT. Saat ini semakin hari semakin meningkat, kemudian juga mau mengetahui bagaimana integrasi penanganan Covid-19 ini, baik dari pihak-pihak Pemerintah Provinsi NTT maupun bersama TNI AD dimulai dari Babinsa sampai ke Tingkat Kabupaten serta para Komandan Kodim,” ungkapnya.

“Saat ini situasi memang ada perkembangan yang sedikit berbeda sehingga Danrem hadir di sini untuk itu mau mengetahui kira-kira integrasi dan sinergitas seperti apa sehingga kita bisa mengetahui hambatan apa yang terjadi di lapangan. Ijin Pak Danrem, yang hadir di ruangan ini ada juga Kabid SDM, Kabid Yankes dan Kabid P2P untuk itu kami mendengar arahan dari Bapak Danrem,” tuturnya.

Baca Juga:  Diguyur Hujan, TNI di Batas NKRI - RDTL Tetap Semangat Tinjau Patok Perbatasan

Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Legowo menyampaikan pada saat arahannya “situasi pademi Covid-19 mulai tanggal 3 Juli sampai dengan tanggal 20 Juli, Pemerintah Pusat melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kita di NTT ini kelihatan landai-landai saja pada hal Covid-19 di NTT ini meningkat sampai hari ini sudah mencapai 1.000_an orang yang terpapar ini kenapa? Saya sudah sampaikan kepada para Dandim saya supaya betul-betul Prokes, tracing kalau ada yg datang naik kapal laut segera lakukan rapid dan ini harus kerjasama antar Forkompinda. Daerah ini sudah luar biasa sehingga para Bupati sudah mengeluarkan aturan-aturan Prokes. Namun di Provinsi ini landai-landai saja, saya mengikuti tiap hari laporan dari wilayah sampai ke Provinsi itu antara terpapar Covid-19, meninggal, sembuh dan yang di Rumah Sakit itu kadang-kadang berbeda. Untuk itu mari kita sama-sama bekerja supaya data itu riil. Untuk Bapak/Ibu sekalian mari kita mengelola masyarakat kita supaya Covid-19 itu turun,” ungkapnya.

Komandan Korem beserta Sekretaris, Kabid SDM, Kabid Yankes dan Kabid P2P melanjutkan diskusi ditempat yang sama untuk membahas dan menyamakan kaitan dengan lonjakan Covid-19 dan menuntaskan Vaksinasi yang sedang berjalan.

Komandan Korem 161/Wira Sakti selesai melaksanakan diskusi memberikan keterangan Pers kepada Penerangan Korem 161/Wira Sakti bahwa tujuan berkunjung ke Dinas Kesehatan ini untuk berkolaborasi menghadapi lonjakan Covid-19 di NTT khususnya, “jadi kita sekarang berkoordinasi bagaimana pencegahannya dengan adanya lonjakan Covid-19 yang semakin meningkat dan fasilitas kesehatannya yang sudah tersedia bagaimana. Apabila nanti lonjakan itu terus meningkat kita tidak binggung. Harapan kita jangan sampai melonjak, untuk itu kita tingkatkan protokol kesehatan dan edukasi atau memberikan sosialisasi kepada masyarakat, seperti contoh dalam hal memakai masker, bagi yang pakai maskernya belum benar kita harus ingatkan, yang sering berkumpul bergerombolan, kita harus sama-sama ingatkan mereka. Kami dari Korem siap membantu untuk kepentingan kita bersama,” ungkap Komandan Korem.

Baca Juga:  Lima Kodim Ikut Pendayagunaan Koramil Model

Turut mendampingi Komandan Korem 161/Wira Sakti, Kasi Ops Kasrem 161/WS Letkol Inf Horas Sitinjak dan Dandenkesyah 09-04-01/Kupang Letkol Ckm dr. Agus Saptiady, Sp. An.,( MBN01/Penrem 161).

Komentar

Berita Terkait