oleh

Ratusan Korban Bencana Adonara Butuh Bantuan, Mari Berbagi

Kupang, NTT

Ratusan warga korbam bencana longsor dan banjir bandang di Waiwerang, Kecamatan Adonara timur, Kabupaten Flores Timur yang saat ini mengungsi di sejumlah fasilitas umum di wilayah itu sedang membutuhkan bantuan.

“Kondisi di lapangan sangat memprihatinkan. Kami butuh bantuan tenda, makanan, pakaian tenaga medis dan obat-obatan serta logistik lainnya. Untuk nyebrang ke Puskesmas Waiwerang, kita kesulitan karena jembatan putus,” ujar Camat Adonara Timur, Damianus Lamawuran kepada wartawan, Sabtu (4/4/2021).

Ia mengatakan, pihaknya kini sedang mendata anggota masyarakat yang menjadi korban baik itu meninggal dunia atau luka-luka serta berapa banyak warga yang belum ditemukan.

Informasi yang dihimpun, ratusan warga yang rumahnya berada di bantaran sungai Rian Muko mengungsi sementara di gedung sekolah 1 MAN Waiwerang. Sementara posko darurat untuk menampung warga Desa Lamanele, berada di Desa Lama Laka, Kecamatan Ile Boleng.

“Semua warga hanya pakai pakaian di badan, makanan juga belum ada. Mohon bantuannya,” ujar sumber Pos Kupang yang berada di lokasi.

Untuk diketahui, banjir bandang dan tanah longsor menerjang sejumlah wilayah di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/4/2021) dini hari.

Lokasi terparah badai ini yakni, di Desa Lamanele, Kecamatan Adonara Timur, Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur dan Desa Oyang Barang, Kecamatan Wotan Ulumado.

Di tiga wilayah ini, dilaporkan sementara ada korban jiwa. Desa Lamanele 31 orang meninggal dunia, Desa Waiburak, 2 orang hilang, 1 meninggal dunia. Sedangkan di Desa Oyang Barang, Kecamatan Wotan Ulumado, 3 orang hilang. (MBN01/*)

Komentar