oleh

Monev di SMPN 2 SoE, Tak Ada Guru, Komisi IV DPRD TTS Geram

SoE, NTT

Ketua Komisi IV DPRD TTS, Marthen Tualaka, geram saat melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di SMPN 2 SoE, Kamis (25/3/2021).

Saat tiba di sekolah, sekira pukul 12.15 Wita, rombongan yang dipimpin oleh Marthen Tualaka tidak bertemu dengan satu orang pun. Sekolah tersebut dalam keadaan kosong.

“Fakta hari ini dari kami menemukan bahwa di SMPN 2 Soe aktivitas pengawai, kepala sekolah, guru-guru maupun penjaga sekolah tidak ada,” ujar Marten.

Marten mengatakan, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan telah mengeluarkan kebijakan tentang aktivitas guru di Sekolah. Sekalipun siswa belajar dari rumah (BDR), namun guru harus tetap masuk Sekolah.

“BDR itu untuk siswa, sedangkan guru-guru itu di sekolah dan bagi siff, ini sekolah di tengah – tengah kota lagi baru jam pembelajaran sudah tidak ada kepala sekolah maupun guru,” pungkasnya.

Marthen mengatakan pihaknya merasa prihatin dengan kondisi tersebut. Menurutnya, melalui Dinas Pendidikan, pihaknya akan memanggil Kepala SMPN 2 SoE.

“Sekolah yang kita kunjungi menjadi representasi kondisi Sekolah lain yang tidak bisa kita kunjungi. Dan ini menunjukkan kondisi pendidikan kita saat ini,” kata Marten.

Kehadiran Kepala Sekolah dan guru bertujuan untuk mempermudah orang tua siswa atau pun alumni yang ingin mengambil ijazah atau mengurus administrasi.

Terkait hal tersebut, Kepala SMPN 2 SoE, Drs. Yeremias Bako, melalui telepon selularnya menjelaskan, Dia bersama para guru selalu berada di Sekolah, namun hanya sampai pukul 11.00 Wita.

“Setalah jam 11 itu, para guru harus antar tugas ke siswa. Kita belajar menggunakan sistem daring dan juga luring, makanya kita hanya sampai jam 11 saja di Sekolah,” jelas Bako.

Dia mengaku, saat kunjungan Komisi IV DPRD TTS memang tidak ada satu pun guru disekolah. Pasalnya semua sudah kembali dan menyebar untuk membagikan tugas.

“Tadi kami di Sekolah tapi saya sampai jam 10 sudah pulang. Ada guru-guru yang sampai jam setengah sebelas, setelah itu mereka juga pulang,” ujarnya.

Penulis : Daud Nubatonis (Kontributor MBN TTS)

Komentar

Berita Terkait