by

Anggota DPR RI, Melki Laka Lena, Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Secara Virtual

Kupang, NTT

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) secara Virtual di Kupang, (11/7/2020).

Dalam sosialisasi tersebut, Melki Laka Lena mengatakan kegiatan sosialisasi 4 pilar ini mempunyai tujuan agar Pemuda – Pemudi di Kota Kupang sebagai penerus bangsa mendapatkan ilmu kebangsaan agar dapat memperkokoh kesolidan dan Cinta kepada Tanah Air.

“Pembangunan karakter bangsa merupakan gagasan besar yang dicetuskan para pendiri bangsa karena sebagai bangsa yang terdiri atas berbagai suku bangsa, bahasa, adat dengan nuansa kedaerahan yang kental, bangsa Indonesia membutuhkan kesamaan pandangan tentang budaya dan karakter yang holistik sebagai bangsa dan peran pemuda menjadi sangat penting dalam menjaga keutuhan NKRI”, kata Melki.

Dalam menghadapi masalah yang sedang terjadi, yaitu Pandemi Covid-19, Melki Laka Lena mengajak seluruh Pemuda – Pemudi Karang Taruna Kota Kupang untuk perang melawan Covid-19.

“Dengan semangat gotong royong semua pihak optimis segala kesulitan yang terjadi akan dapat kita atasi”, tandas Melki.

Menurut Melki, Karang Taruna yang merupakan wadah pengembangan generasi muda menjadi peran penting dalam masyarakat yang merupakan pilar kekuatan di dalam pembangunan baik didesa atau kelurahan.

“Besar harapan saya kepada karang taruna kota Kupang yang sekarang di ketuai oleh Sdr. Stanley Boimau agar Karang Taruna Kota Kupang dapat terus bergerak aktif dari kota sampai dengan kelurahan dan terus menjalin komunikasi baik agar bersama – sama kita menjaga ideologi bangsa dan memegang teguh Pancasila dan UUD 1945 sebagai bentuk kecintaan terhadap tanah air”, katanya.

Usai sosialisasi, Ketua Karang Taruna Kota Kupang, Stanley Boimau, mengatakan, materi tentang 4 pilar kebangsaan merupakan landasan yang sangat kuat untuk merawat nilai – nilai kebangsaan, oleh karena itu apa yang dilakukan hari ini sangat bermanfaat.

“Sosialisasi materi yang tadi sangat penting, karena kita tahu bersama, kota Kupang dua (2) bulang lalu ada fakta bahwa beredar paham khilafa, ini adalah paham yang tidak diakui oleh ideologi bangsa kita, oleh karena itu materi tentang 4 pilar kebangsaan sangat beanfaat untuk membangun dan merawat nilai – nilai kebangsaan karang taruna di Kota Kupang”, ungkap Stanley.

Senada disampaikan Kristin Patricia, salah anggota karang taruna kelurahan Penfui, bahwasanya, materi yang dibawakan ketua Golkar NTT, sangat bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sosialisasi hari ini sangat bagus karena membantu karang taruna NTT, Khususnya Karang Tarauna Penfui untuk membangun wilayah kita dengan karakter pancasila, UUD 45 dan Bhineka Tunggal Ika”, tandas Kristin.

Setiap peserta yang mengikuti sosialisasi diterapkan protokol kesehata, seperti test suhu tubuh, wajib menggunakan masker dan mencuci tangan.

Kendati dilaksanakan secara Virtual namun sekita 150 orang peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. (MBN01)

Comment