by

Antisipasi Debitur Bandel, Bank NTT Teken MoU dengan Kejari Kupang

Kupang, NTT

PT. Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (Bank NTT) menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kupang.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara.

Penandatanganan MoU ini berlangsung di Aula Kantor Kejari Kota Kupang, dan dihadiri oleh Kepala KCK Bank NTT, K. Johannis D. Tadoe dan Kajari Kota Kupang, Odermaks Sombu, SH, MA, MH, Selasa, 7 Juli 2020.

Kepala Kantor Cabang Khusus Bank NTT, K. Johannis D. Tadoe mengatakan, kerjasama dengan Kejari Kota Kupang adalah dalam rangka konsultasi bidang hukum perdata, tata usaha negara dan penindakan debitur-debitur ‘bandel’.

Pihaknya juga akan mengeluarkan SKK (Surat Kuasa Khusus) kepada Kejaksaan agar bisa menindak debitur kredit macet. Kata dia, Bank NTT bersama Kejaksaan juga telah berkomitmen untuk bersama-sama menyelamatkan uang negara yang digunakan oleh para debitur.

“Kejaksaan adalah pengacara negara. Yang mereka (debitur) pakai itu uang negara. Kita akan pilah ada beberapa debitur bermasalah. Kalau tidak kooperatif, maka akan ditindak langsung oleh Kejaksaan,” ucap Kepala KCK Bank NTT, Johny Tadoe kepada wartawan di Kupang.

Selain Kejari Kota Kupang, KCK Bank NTT juga akan bekerjasama dengan Kejari Oelamasi. Kerjasama ini memiliki tujuan yang sama yakni penindakan debitur nakal yang menjadi mitra KCK Bank NTT.

“Kami punya debitur juga di Kabupaten Kupang. Kedepan, kita juga akan menjalin kerjasama dengan Kejari Oelamasi,” tandas mantan Kacab Bank NTT Manggarai Timur ini.

Sementara itu, Kajari Kota Kupang, Odermaks Sombu, SH ,MA, MH mengatakan, pihaknya siap bekerjasama dengan Bank NTT terutama dalam menindak para debitur kredit macet. Ia berharap, pasca MoU dapat ditindaklanjuti dengan SKK.

“Kita siap jika misalnya ada hal-hal yang perlu kami lakukan. Terutama untuk membantu KCK Bank NTT pusat melakukan penagihan-penagihan dalam permasalahan dengan kredit macet,” tegas Kajari Kota Kupang.

Selain Bank NTT, Kejari Kota Kupang juga telah bekerjasama dengan BPJS, Walikota Kupang dan beberapa instansi lainnya. (MBN01/NM)

Comment