by

Peduli Lansia di Tengah Badai Covid 19

Rote Ndao, NTT

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat lanjut usia (Lansia) di tengah gempuran badai pandemi Covid 19, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi para Lansia di Desa Oebau, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao.

Bantuan yang diberikan berupa sembako seperti beras, mie instan, dan lainya. Juga fasilitas lain seperti pakaian, selimut (kain panas) handuk dan peralatan mandi.

Usai menyerahkan bingkisan kasih kepada 4 orang Lansia di Desa Oebau, Camat Pantai Baru, Fons Chris Saek, melalui awak media, meminta masyarakat untuk tidak terprovokasi informasi menyesatkan di tengah wabah covid 19 yang menyebutkan bahwa pemerintah tidak memperhatikan para Lansia di dusun Oekupi, Desa Oebau, Kecamatan Pantai Baru.

“Pemerintah melalui Program PKH Lansia dari Kemensos dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) menjamin orang tua kita yang sudah lanjut usia ini, oleh karena itu sangat keliru jika ada pihak yang mengatakan mereka terlantar”, tegas Fons Saek, menampik isue miring yang beredar saat ini.

Kendati demikian, Fons Saek, menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang sudah mengkritisi kinerja pemerintah.

“Pada dasarnya Pemerintah Kecamatan Pantai Baru dan Desa Oebau tidak keberatan atas kritik dan saran yang bersifat membangun karena hal tersebut diperlukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat”, pungkasnya.

Terkait rumah para Lansia yang tergolong tidak layak huni, Fons Saek, mengatakan akan segera diupayakan untuk direnofasi atau dibedah.

“Ke depan pemerintah intervensi dengan bantuan rumah layak huni dari Dana Desa atau bantuan dari Pemda Rote Ndao”, jelasnya.

Dia berharap, dalam kondisi pandemi Covid 19 saat ini, masyarakat dapat meningkatkan kepedulian terhadap sesama dengan semangat gotong royong.

“Mari kita tingkatkan solidaritas kemanusiaan di masa – masa pandemi ini, agar dengan kebersamaan kita dapat melawan covid 19. Hindari isue – isue menyesatkan yang berakibat perpecahan”, tandas Saek.

Dia juga menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol penanganan covid 19, guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Penyerahan bantuan tersebut juga langsung dihadiri kepala dinas sosial Kabupaten Rote Ndao, Ferdinand Haning. (MBN01)

Comment

Berita Terkait