by

Pedulu Corona, Bank NTT Buka Layanan Donasi

Kupang, NTT

Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (Bank NTT) mengajak masyarakat untuk mendonasikan bantuan, guna melancarkan penanganan penyebaran virus Covid-19 atau corona di provinsi NTT. Donasi bisa disalurkan lewat kanal-kanal pembayaran yang dimiliki oleh Bank NTT.

Direktur Utama Bank NTT, Izhak Eduard Rihi, menjelaskan, sebagai jalan pembuka, Bank NTT telah mengalokasikan dana yang merupakan sumbangan sukarela pengurus dan karyawan sebesar Rp275 juta. Dana ini diperuntukan untuk membantu pemerintah NTT dalam rangka penanganan kasus covid-19.

“Dari dana tersebut, kami akan teruskan dalam bentuk barang atau peralatan yang dibutuhkan untuk memperkuat pemerintah dan tim medis dalam upaya memerangi penyebaran covid-19,” jelas Izhak Eduard Rihi dalam konferensi pers, Jumat (27/3/2020).

Izhak menjelaskan, melalui layanan donasi ini dirinya mengharapkan agar nasabah, masyarakat dan semua pihak bisa ikut berdonasi lewat teknologi dan sistem transasksi non tunai yang telah disiapkan Bank NTT.

Teknologi yang disiapkan yakni QRIS yang terkoneksi dengan aplikasi NTT Pay. Aplikasi NTT Pay bisa didownload langsung ke handphone android melalui Play Store. NTT Pay merupakan layanan terbaru Bank NTT yang memudahkan nasabah bertransaksi hanya melalui handphone android.

“Donasi atau sumbangan untuk penanganan covid-19 sudah bisa dilakukan melalui aplikasi NTT Pay. Bisa juga melalui ATM atau layanan apa saja yang sudah disediakan Bank NTT,” jelas mantan Kepala Divisi Kualitas Layanan ini.

Direktur Pemasaran Dana, Hary Aleksander Riwu Kaho menjelaskan, Bank NTT juga telah menyiapkan Nomor Rekening Bank NTT Peduli Covid-19 pada barcode yang telah disiapkan. Informasi tentang perkembangan saldo akan terus dipublikasi melalui media setiap harinya.

“Melalui QRIS bisa menerima pembayaran dari layanan lain seperti OVO, Link, Dana atau dari bank lain yang telah memiliki ijin dari regulator. Melalui ATM bank lain yang terkoneksi pada ATM bersama juga bisa digunakan untuk berdonasi,” jelasnya.

Direktur Pemasaran Kredit, Absalom Sine mengatakan bantuan yang diberikan oleh Bank NTT lewat alokasi dana jumlahnya tidak seberapa jika dibandingkan dengan yang telah didonasikan oleh negara, pemerintah, pengusaha maupun para pesohor di negeri ini.

Meski demikian, semua pihak termasuk Bank NTT memiliki kesadaran untuk dapat sehati dalam memerangi wabah yang telah menjadi masalah dunia ini. Apalagi menurutnya, dampak yang ditimbulkan sangat dirasakan dalam berbagai aspek, termasuk aspek bisnis yang saat ini dijalankan oleh Bank NTT.

“Khusus industri jasa perbankan juga sangat dirasakan dampaknya. Oleh karena itu, ini membutuhkan peran serta semua pihak agar bisa mengatasi persoalan covid-19 ini,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Diektur Utama, Direktur Pemasaran Dana dan Direktur Pemasaran Kredit, sejumlah Kepala Divisi serta karyawan memberikan simulasi terkait cara memberikan donasi lewat layanan aplikasi NTT Pay.

Rencananya, barcode khusus untuk donasi Bank NTT Peduli Covid-19 akan disebarkan ke seluruh kantor cabang, gerai ATM, serta akan dipasang juga di tempat-tempat usaha. (***)

Comment