Diduga Dikerjakan Asal Jadi, Sumur Gali di Kelurahan Londalusi – Rote Mubasir

0
96
Bagikan :

Rote Ndao, NTT

Masyarakat Kelurahan Londalusi, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), mengeluhkan pekerjaan sumur gali di Lingkungan dua (2) Tuarao, yang bersumber dari Dana Kelurahan, terkesan asal jadi. Betapa tidak, 5 unit sumur yang dibangun di wilayah tersebut tidak bisa digunakan atau mubasir karena tidak ada air.

Marthen Mbolik, seorang tokoh masyarakat lingkungan Tuarao, beberapa waktu lalu, kepada Metrobuananews.com, mengatakan, air bersih merupakan kebutuhan utama masyarakat di wilayah itu, sehingga ketika mereka memperoleh informasi akan dibangun sumur gali, pihaknya sangat senang. Namun sangat disayangkan, harapan mereka mereka pupus lantaran sumur gali yang dibangun tidak bisa dimanfaatkan karena tidak ada airnya.

“Awalnya ada air tapi sedikit, dan akhirnya kering, Saya berharap agar pemerintah bisa memperhatikan persoalan ini agar kedepan bisa ada pengawasan yang lebih ketat lagi”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala 2 Tuarao, Gusty Ballo, mengatakan, sumur gali yang dibangun di lingkungan dua (2) seharusnya lima (5) unit, namun satu unit dialihkan ke lingkungan 1.

“Saya heran, waktu itu yang kita usulkan 10 unit sumur gali, namun dalam pengerjaannya hanya 5 saja, kemudian 1 unit dialihkan ke Paulus Tassi yang merupakan milik pribadinya, dan sumur itu sudah dibangun sejak tahun 2018 bukan galian baru”, pungkasnya.

Dia menjelaskan, kejanggalan tersebut sudah pernah dikonsultasikan dengan Lurah, namun Lurah juga tidak mengetahui pengalihan tersebut.

“Ketika dapat pengeluhan masyarakat saya langsung tanya pak Lurah, tetapi beliau menegaskan bahwa tidak tau pengalihan itu”, jelas Gusty.

Oleh karena itu, menurut Gusty, sumur yang dialihkan ke lingkungan satu (1) merupakan adalah inisiatif kontraktor.

“Mengapa saya bilang atas kemauan kontraktor? Karena pak Lurah tidak tau”, cetusnya.

Baca Juga:  Walikota Kupang Mutasi 128 Pejabat

Dia berharap, pemerintah dan DPRD kabupaten Rote Ndao segera melakukan pemeriksaan terkait pekerjaan sumur gali di Kelurahan Londalusi yang diduga merugikan negara dan masyarakat Londalusi.

Penulis : Mekris Ruy

Bagikan :