TNI Tanamkan Semangat Nasionalisme bagi Pelajar di Batas RI – RDTL

0
47
Bagikan :

Kupang, NTT

Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Republic Democratic Timor Leste (RDLT), menanamkan semangat nasionalisme bagi pelajar di SMU N 1 Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan yang dimotori oleh Babinsa Koramil O6/ Naikliu, berkerja sama dengan SMU N 1 Amfoang Utara dikemas dalam kegiatan Komunikasi Sosial dan Wanwil dengan melaksanakan Upacara Bendera, pada Senin (17/2/2020).

Dalam amanatnya, Pembina Upacara, Sertu Justinu Ximenes, mengatakan, pendidikan nasionalisme perlu ditanamkan bagi siswa-siswa di sekolah mulai dari tingkat dasar maupun Menengah, sehingga dalam perkembangannya, seluruh siswa dapat mengerti dan memahami makna dari NKRI yang sesungguhnya. Dan nantinya mereka akan memiliki jiwa nasionalisme yang dapat membentengi atau memerangi apapun yang akan merusak dan menghancurkan kesatuan NKRI.

TNI dan Guru SMU N I Amfoang Utara, usai upacara bendera

“Tidak hanya soal materi saja yang harus diajarkan kepada para siswa, melainkan keseluruhan nasionalisme. Paham-paham tidak sesuai dan bertujuan untuk meruntuhkan NKRI juga harus diperkenalkan, sehingga mereka dapat mengetahui mana yang benar dan mana yang salah”, tegasnya.

Lebih lanjut, Sertu Justinu Ximenes, mengatakan, pendidikan tentang Nasionalisme harus diberikan secara terus menerus dan meningkat dari jenjang pendidikan yang ditempuh, supaya tidak terputus. Hal ini dimaksudkan agar bisa menyiapkan generasi penerus yang berkualitas dengan cara menanamkan Disiplin sejak dini.

Dia juga mengingatkan bahwa sebagai anak bangsa harus bangga menjadi bangsa Indonesia dengan cara menghormati Bendera Merah Putih dengan melaksanakan Upacara Bendera.

Upacara tersebut dihadiri sekitar 120 siswa dan siswi SMU N I Amfoang Utara, 12 orang guru dan anggota TNI di wilayah perbatasan RI – RDTL di wilayah Kabupaten Kupang. (MBN01)

Bagikan :