by

SMK N 2 Kota Komba Tanam 500 Pohon di Nanga Rawa

Borong, NTT

Menanam pohon merupakan tanggung jawab utama masyarakat terhadap lingkungan agar menghindari pemanasan global. Hal ini dilakukan oleh lembaga pendidikan SMK Negeri 2 Kota Komba, bertempat di kabupaten Manggarai Timur, Desa Bamo, Dusun Nanga Rawa.

Kegiatan yang diprakarsai oleh OSIS SMK Negeri 2 Kota Komba itu menanam 500 pohon di pesisir pantai selatan pada Sabtu 11/01/2020.

Kepala sekolah SMK Negeri 2 Kota Komba Drs. Fransiskus Alek Dalam sambutannya tujuan lembaga melakuakan reboisasi karena Nanga rawa merupakan sebuah dusun yang terletak di bibir Pantai Laut Sawu yang rawan terhadap bencana  abrasi karena gelombang pasang yang sangat tinggi terutama pada musim barat dan musim tenggara. Jadi menanam pohon waru di sepanjang pantai adalah dalam rangka untuk menangkal abrasi dan Tzunami.

“Bibir pantai Nanga rawa masih sangat gersang dan telanjang karena ketiadaan pohon pohon peneduh dan pelindung, kondisi ini sangat membahayakan bagi penduduk di sekitarnya dan Masyarakat dusun Nanga rawa masih dianggap belum maju karena pola hidup masyarakaynya masih sangat tradisional, mata pencaharian masyarakt adalah petani, peternak dan nelayan”, ungkap Fransisikus Alek.

Menurutnya, wilayah Nanga Rawa dan sekitarnya bisa menjadi destinasi pariwisata sembari pemandangan mata hari terbenam.

“Kegiatan penghijauan ini tidak hanya sekadar saja tetapi akan berlanjut pada tahun tahun yang akan datang, dan dilakukan secara terprogram dan terencana yang melibatkan instansi terkait dan masyarakat sekitarnya. Dan yang tidak kalah pentingnya dari kegiatan ini adalah menanamkan kesadaran kepada peserta didik akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup sebagai sebuah ekosistim, yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Karena itu SMKN 2 Kota Komba menjadi penggerak utama dalam penghijauan tersebut”, tandasnya.

Kegiatan penghijauan ini juga dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Manggarai Timur Bapak Vinsensius Roja. Diselah kegiatannya anggota DPRD dengan sapaan akrap Venty juga menyampaikan limpah terimakasih kepada lembaga pendidikan SMKN2 Kota Komba telah pedulih dengan keberadaan Kabupaten Manggarai Timur.

“Saya akan sampaikan ini disidang DPR dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manggarai Timur menyiapkan bibit anakan pohon yang cocok agar bisa tanam di pesisir pantai, ini bertujuan mendorong perekonomian masyarakat kecil”, ungkap politisi dari Partai PAN itu.

Sementara, Kepala Desa Bamo Vinsensius Bela menyampaikan masyarakat Desa Damo sangat berterimakasi kepada SMKN2 Kota Komba dan juga mengimbau kepada masyarakat agar k wajib menjaga hewan yang berkeliaran seputar lokasi kegiatan. Vinsen juga menginginkan dukungan dari Dinas Pariwisata Kabupaten dan Dinas Lingkungan Hidup Manggarai Timur  selalu memberi dukungan kepada pemerintah Desa Bamo untuk mendorong pariwisata di Desa Bamo, karena Pantai Nanga Rawa merupakan sala satu Destinasi pariwisata kabupaten Manggarai Timur. ***

Comment

Berita Terkait