TP-PKK Nagekeo Kunjungi Ibu Hamil Penyeberang Kali

0
86

Nagekeo, NTT

Setelah videonya viral dengan aksi meyeberang kali dalam kondisi hamil, kini yasinta Wea mendapat kunjungan mendadak dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Nagekeo oleh Ny.Eduarda Yayik Pewitra Gati dan Ny. C.S.A. Yanu Astuti, keduanya merupakan istri bupati dan wakil bupati Nagekeo.

Rombongan TP – PKK tiba di puskemas Boawae, kabupaten Nagekeo sekitar pukul 09.00 pagi. Kabarnya sebelumnya menuju puskesmas rombongan mampir di pasar trandisonal di kecamatan tersebut  membeli oleh-oleh untuk ibu hamil.

Ny Eduarda Yayik Pewitra Gati, di puskesmas Boawae, Jumat (16/02/2018) mengatakan aksi meyeberang kali tersebut sangat mengetuk hati keduanya sebagai seorang ibu dan kedatangan bersama rombongan dalam rangka memberi dukungan kepadanya.

Dia menjelaskan, setelah menonton video tersebut, Ia langsung mengecek keberadaan ibu hamil dan diketahui berada di rumah tunggu puskemas Boawae.

“Dia kelihatan kelihatan ceria sekali menanti masa-masa kelahiran bayinya dan teryata ada dua ibu hamil saat itu yaitu ibu Rebeka Konga dan Ernesta Pora hanya terekam kamera satu yaitu ibu Yasinta Wea”, ungkap wanita yang biasa disapa dr Ita.

dr. Ita menegaskan, bahwa kunjungannya kali ini merupakan peran strategis PKK dalam pemberdayaan kesejahteraan perempuan dan keluarga sebagai unit sosial dalam sebuah daerah.

Camat Boawae, Maria Du’a pada kesempatan itu menjelaskan, untuk menyeberangi Sungai  tersebut di musim panas masyarakat membangun jembatan darurat yang terbuat dari bahan seadanya, tetapi di musim hujan jembatan hanyut terbawa banjir.

Menurutnya di musim hujan Linmas Desa Alorawe disiagakan untuk menyeberangkan siapa saja yang lewat, termasuk ibu hamil dan anak-anak.

Sementara Kepala Puskemas Boawae, Walfrida Daeni, menuturkan bahwa menyeberangi kali adalah hal biasa dalam pelayanan masyarakat di Desa Alorawe.

“Ada satu orang perawat dan dua bidan desa ikut terlibat dalam penyeberangan, kami merekam peristiwa itu sebagai laporan kepada atasan agar bisa dipantau”, tuturnya.  (Belmin)