Resmi Jadi Plh, Jonas Selly Siap Sukseskan Pelantikan Bupati Rote Ndao

0
530

Kupang, NTT

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rote Ndao, Jonas Selly resmi menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Rote Ndao terhitung tanggal 8 Januari hingga Bupati terpilih kabupaten Rote Ndao periode 2019 – 2024 dilantik dan diserahterimakan.

“Ini amanat aturan, karena kapasitas saya sebagai Sekda, bahwa kalau kekosongan jabatan Bupati itu kurang dari sebulan maka akan ditunjuk pelaksana harian untuk melaksanakan tugas – tugas Bupati, dan Plh itu otomatis Sekda”, kata Jonas Selly, kepada metrobunanews.com, melalui sambungan telepon selularnya, Jumat (8/2/2019).

Jonas Selly mengatakan, Penunjukan Plh oleh Gubernur NTT merupakan langkah tepat untuk mengisi kefakuman kepemimpinan pasca berakhirnya masa kepemimpinan Bupati Rote Ndao, Leonard Haning, pada 8 Februari 2019.

“Saya kira walaupun kapasitas saya sebagai Plh, tetapi tugas sehari – hari Bupati akan saya laksanakan sebagaimana mestinya. Saya siap sukseskan pelantikan Bupati terpilih”, tandas Selly.

Selain melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan, Jonas mengatakan, dalam rentang waktu seminggu ini, pihaknya akan mempersiapkan segala sesuatu terkait pelantikan Bupati Rote Ndao masa bakti 2019 – 2024.

“Tugas yang harus saya selesaikan menjelang pelantikan dan pasca pelantikan yakni menyiapkan memori akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati periode 2014 – 2019, untuk diserahkan kepada Bupati dan Wabup periode 2019-2024 pada acara Sertijab yang direncanakan pada tanggal 18 Februari 2019 bertempat di DPRD, menyiapkan sambutan perdana Bupati yang disampaikan dalam rapat Paripurna istimewa DPRD pada tanggal yang sama, dan agenda penting lainnya sehubungan dengan pelantikan dimaksud, baik itu di Kupang maupun di Rote”, urai Jonas.

Untuk memantapkan semua persiapan pelantikan Bupati Dan Wakil Bupati, pihaknya akan menggelar rapat dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten Rote Ndao.

Maneleo (Tokoh Adat) Akan Hadiri Pelantikan

Pelaksana Harian Bupati Rote Ndao bertekad menghadirkan para Maneleo (Tokoh Adat) saat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Paulina Haning Bulu dan Stef Saek.

“Ini kan produk dari proses politik yang mana dipilih langsung oleh rakyat karena itu paling tidak ada tokoh adat dan tokoh masyarakat ikut menyaksikan prosesi bersejarah ini”, kata Jonas Selly.

Selain para Maneleo, Jonas Selly mengatakan para Kepala Desa dan Lurah juga akan menghadiri acara pelantikan tersebut dengan menggunakan pakaian adat Rote Ndao.

“Camat dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu otomatis, tetapi saya akan rapat dengan para OPD sehingga tidak semua hadir agar pelayanan masyarakat tetap berjalan dengan baik”, katanya.

Selain itu, Sekda Kabupaten Rote Ndao ini juga berharap Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten Rote Ndao dapat mengambil bagian dalam kegiatan bersejarah itu.

“Tentu saya akan menggelar pertemuan dengan Forkopimda sekaligus menyampaikan undangan resmi untuk menghadiri pelantikan Bupati dan Wakil Bupati pada 14 Februari mendatang”, pungkas JS. (MBN01)