Aneka Produk Lokal Warnai Pesta Rakyat Nagekeo.

0
63

Nagekeo, NTT

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nagekeo, dr Yohanes Don Bosco, M.Kes dan Marianus Waja, SH, disambut dengan penuh sukacita oleh masyarakat Nagekeo dengan menggelar syukuran.

Acara syukuran yang dikemas dalam pesta rakyat yang digelar di lapangan Berdikari Danga, Rabu (27/12/2018), diwarnai dengan pagelaran aneka produk lokal dan pangan lokal hasil karya masyarakat Nagekeo dari tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Aesesa, Aesesa Selatan, Boawae, Wolowae, Mauponggo dan Nangaroro.

Bupati Yohanes Don Bosco  kepada awak media, Rabu (27/12) mengatakan, sejumlah produk lokal pada pesta rakyat kali ini merupakan hasil karya masyarakat Kabupaten Nagekeo dalam mendukung gerakan produk lokal.

Pangan lokal yang wadahnya terbuat dari produk lokal

Ia menjelaskan, gerakan produk lokal merupakan gerakan untuk mengambil kembali proses produksi dari tangan kapitalis atau pabrik untuk dikuasai kembali oleh masyarakat.

“Saatnya kita mengambil kembali proses produksi yang selama ini dikuasi oleh kapitalis atau pabrik melalui gerakan produk lokal,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Dokter Don ini juga menjelaskan, gerakan produk lokal juga bertujuan untuk  mengurangi sampah plastik di Kabupaten Nagekeo.

“Kedepan kegiatan – kegiatan, misalnya keagamaan dan pemerintahan harus menggunakan produk lokal sehingga bisa menjadi sebuah gerakan bersama”, ujarnya. (Belmin)