HMJ Pariwissata PNK Gelar Kegiatan LKTD

0
80

Kupang, NTT

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pariwisata Politeknik Negeri Kupang (PNK) gelar Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) bagi ratusan mahasiswa yang ada di jurusan Pariwisata. Kegiatan tersebut di laksanakan selama tiga hari di aula Paroki St. Gregorius Oeleta, Kecamatan Alak, Kota Kupang.

Ketua  Panitia, Erik Olin kepada media ini mengatakan bahwa tujuan di adakannya LKTD bagi mahasiswa jurusan Pariwisata adalah untuk membentuk mental-mental mahasiswa menjadi calon pemimpin masa depan.

Pemuda Indonesia khususnya mahasiswa harus di bekali dengan kemampuan hard skill dan soft skill. Melihat kondisi ini, lanjut Erik, perlunya  kegiatan yang bisa menjawab permasalahan tersebut. Kegiatan berupa Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memanejemen sebuah lembaga dalam menyongsong dan mempersiapkan perubahan masa depan yang lebih baik.

Erik Menambahkan, Mahasiswa sebagai Agent of Changes merupakan  pioner dan tonggak dari sebuah perubahan. Mahasiswa diharapkan mampu menjadi penerus bangsa yang merubah wajah dunia nantinya, terutama wajah bangsa Indonesia.

“Mahasiswa adalah kaum intelektual yang mampu berpikir kritis terhadap segala permasalahan-permasalahan yang tengah ada. Mahasiswa juga berkaitan erat dengan organisasi dan keterampilan.  .“ Jelasnya.

Ketua HMJ Pariwisata PNK, Kekson Salukh dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan LKTD HMJ Pariwisata adalah program HMJ Pariwisata untuk melatih dan membina mental mahasiswa menjadi pemimpin lewat organisasi mahasiswa.

“Mahasiswa kita selama ini terkesan apatis dan pragmatis, oleh karena itu perlu kita melatih mereka, mempersiapkan mereka menjadi pemimpin yang berkompeten, berkualitas dan berjiwa nasionalis.” Ungkapnya.

Harapan saya, lanjut Kekson, dengan adanya kegiatan LKTD ini bisa menghasilkan kader muda yang berkompeten, berkualitas dan berjiwa nasionalis.

“Saya hanya menjabat ketua HMJ Pariwisata selama satu tahun, maka perlu adanya kaderisasi sehingga ada yang nantinya bisa melanjutkan tongkat kepemimpinan ini.” tuturnya.

Hadir membawa materi Kepemimpinan , Ayub Titu Eki  Mantan Bupati Kupang periode 2009-2019  menjelaskan   lima tipe  pemimpin.
Pemimpin Otokrasi/otoriter, Militeristis, Paternalistis, Demokratis dan Pemimpin Karismatik.

“Ingat selalu bahwa apa yang kita buat sudah pasti berakhir pada waktunya, tetapi dampak perbuatan kita tetap ada sekalipun kita sudah lama mati. Jadi mengabdilah selagi masih ada kesempatan.” bebernya

Untuk menjadi pemimpin yang ideal, kata Titu Eki, sebagai mahasiswa harus terlebih dahulu membiasakan diri untuk memimpin diri sendiri, Memiliki integritas tinggi, Memiliki wawasan kebangsaan, Mempunyai visi-misi yang jelas  dan terus belajar mengembangkan diri secara agamais.

“Sebelum memimpin banyak orang, anda harus mampu memimpin diri sendiri dulu. Untuk menjadi seorang pemimpin juga membutuhkan proses yang harus di lalui, tidak gampang menjadi pemimpin.  harus terima kritikan dan siap membuka diri untuk melayani  bukan di layani. ” katanya

Untuk di ketahui, Kegiatan LKTD HMJ Pariwisata PNK di laksanakan selama tiga hari sejak tanggal 23-25 November 2018 dengan tema “ Mempersiapkan Kader Muda Yang Berkompeten, Berkualitas dan Berjiwa Nasionalis”.

Pantauan media ini, Kegiatan LKTD HMJ Pariwisata PNK di buka langsung oleh Ketua BEM PNK, Thapenas Roy Appah. Turut hadir ketua DPM PNK, Ketua HMJ Akuntansi PNK, Ketua Permasna Kupang, Ketua HMJ Pariwisata dan Ratusan Peserta LKTD. (MNB/tim)