Menguak Misteri 10.6 M, Biaya Sewa Kantor Cabang Bank NTT Surabaya

0
872

Kupang, NTT

Fenomena pemindahan kantor cabang Bank NTT Surabaya  dari Jalan Panglima Sudirman Nomor 74 Kecamatan Genteng Surabaya ke Gedung IBT Center Jalan Yos Sudarso No. 11 masih misterius.

Betapa tidak, di tengah kondisi masyarakat NTT yang serba sulit, “para penguasa” Bank NTT bersepakat memindahkan kantor cabang yang nilai sewanya hanya Rp100 juta per tahun ke tempat baru dengan biaya yang sangat bombastis yakni Rp2.134.000.000 per tahun untuk 5 tahun tahap pertama sehingga jumlahnya mencapai Rp10.670.000.000.-

Lokasi lama yang murah dan luas serta berada di jalur utama ditinggalkan, kemudian pindah sewa ke lokasi baru dengan luas ruang sewa 447 M2 dengan nilai sewa yang sangat tinggi,  ironisnya, setelah semua proses sewa menyewa diselesaikan, gedung tersebut tidak digunakan tetapi tetap menggunakan gedung lama.

Surat perjanjian Sewa Menyewa

Devisi Hukum KNPI NTT, Kamis (25/10/2018) dengan tegas mengatakan proses sewa tersebut sangat merugikan masyarakat NTT, pasalnya gedung baru yang menghabiskan anggaran Rp10.6 M lebih tetapi mubasir (tidak pernah digunakan).

“Diduga ada maladministrasi untuk kepentingan menghabiskan uang rakyat di Bank NTT”, ungkap salah satu anggota KNPI NTT devisi Hukum yang tidak mau namanya disebut.

Lebih lanjut Dia mengatakan, sejak penandatanganan Sewa Menyewa hingga saat ini Bank NTT cabang Surabaya tidak beroperasi di IBT center karena pihak OJK tidak memberi izin atau tidak merestui atau menolak pemindahan kantor cabang sebagaimana yang tertuang dalam surat OJK tanggal 19 Januari 2017 yang ditandatangani Kepala OJK Jawa Timur.

“Dimanakah rimba Rp10.6 M, publik perlu tahu”, tegasnya.

Kepala Devisi Umum, Lasarus Orapau,   yang ketika itu diduga memainkan peranan dalam komunikasi sewa menyewa, saat dikonfirmasi melalui sms di nomor 08134****555, tidak merespons.

Hermanus Thomas Boki, Ketua Pemuda/KNPI NTT yang sangat getol memperjuangkan berbagai persoalan di NTT termasuk dinamika persoalan Bank NTT ketika dihubungi per telpon ke nomor 08523859**** mengatakan masih di luar kota dan akan memberikan informasi dan penjelasan kepada metrobuananews.com saat tiba Kupang besok. (MBN01)