Pemerintahan

Gubernur NTT : Mulut Seribu Rote ‘Perfecto’ untuk Budidaya Ikan

Bagikan :

Kupang, NTT

Sebuah gebrakan dan inovasi dalam mengoptimalkan potensi wilayah untuk kesejahteraan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT), dilakukan Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat dalam bidang kelautan dan perikanan pada awal masa pemerintahannya.

Mimpi besar Gubernur Laiskodat menjadikan NTT sebagai salah satu daerah penghasil ikan yang akan mengeksport ikan ke luar negeri mulai ditindaklanjuti.

Dari hasil research yang dilakukan tim survey pemprov NTT menunjukan bahwa NTT memiliki 2 lokasi yang sangat potensial untuk budidaya ikan yakni laut Mulut Seribu di Kabupaten Rote Ndao dan kabupaten Alor.

“Menurut saya dua (2) tempat perfecto (sempurna, red) adalah Rote dan Alor”, kata Laiskodat beberapa waktu lalu.

Namun menurut Gubernur Laiskodat, pada tahap awal ini pihaknya kan lebih dahulu mengelola potensi yang ada di kabupaten Rote Ndao.

“Kalau kita lihat Mulut Seribu di Rote Ndao, tempat itu betul – betul ‘perfecto’ untuk budidaya ikan, itu tempat luar biasa dikaruniai oleh Tuhan”, ungkap Laikodat kagum.

Menurutnya, ketika proyek budidaya ikan tersebut dilaksanakan akan menyedot banyak tenaga kerja sehingga dengan sendirinya mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Nanti polisi dan tentara akan kita libatkan untuk bekerja, dan seluruh pasukan pengangguran di NTT”, ungkap Laiskodat.

Lebih lanjut Laiskodat mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTT, Ganef Wurgiyanto, untuk membuat perencanaan secara lengkap tentang budidaya ikan di laut Mulut Seribu.

“Saya sudah minta kadis perikanan dan beberapa tim untuk mendesain dan laporkan kepada saya uang yang dibutuhkan berapa dan berapa lama panen. Kita punya uang kenapa tidak bisa, sehingga kita bisa panen ikan sepanjang masa, tidak musiman”, tutup Gubernur Laiskodat optimis. (MBN01)

Baca Juga:  Beberapa Menteri Akan Hadir di HUT NTT

Foto : IG nttadventure

45 Views
Bagikan :