Politeknik Negeri Kupang Akan Gelar Cerdas Cermat Pariwisata

0
579

Metrobuananews.com | Kupang –   Politeknik Negeri Kupang (PNK) melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pariwisata, akan menyelenggarakan lomba Cerdas Cermat Pariwisata(CCP) antar SMA/SMK Se-Kota Kupang dan antar kelas Se-Jurusan Pariwisata PNK  selama tiga (3) hari mulai tanggal 24 sampai 26 September 2018 mendatang.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Se-Dunia pada tanggal 27 September 2018 mendatang.

Ketua Jurusan Pariwisata, Sari Bandaso Tandilino, SE, M.Si, dalam sambutannya pada technical meeting, Kamis, (20/9/2018) mengatakan, cerdas cermat pariwisata   pertama kali diadakan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kalau lomba Cerdas Cermat Fisika dan Matematika itu sudah biasa dan banyak sudah buat di NTT, tetapi kalau Cerdas Cermat Pariwisata baru kali ini di Politeknik Negeri Kupang yang diadakan oleh HMJ Pariwisata.” kata Tandilino di sambut tepuk tangan peserta technical meeting.

Lebih lanjut Tandilino mengatakan, tujuan CCP kategori SMA/SMK Se-Kota Kupang untuk memperkenalkan jurusan Pariwisata di kalangan sekolah menengah. Sedangkan kategori mahasiswa untuk mempersiapkan mahasiswa Pariwisata PNK  mengikuti Kompetisi Pariwisata Indonesia yang diadakan setiap tahun.

“Untuk mahasiswa jangan lihat besar hadiahnya tapi harus ambil pengalamannya untuk mewakili jurusan kita mengikuti CCP antar kampus di Kompetisi Pariwisata Indonesia tahun depan”, tandasnya.

Tandilino berharap seluruh peserta lomba CCP agar bersikap jujur dan menjunjung tinggi sportifitas demi kesuksesan kegiatan tersebut.

“Soal-soal yang kita berikan itu mudah saja, seputaran ilmu-ilmu Pariwisata umum yang bisa di jawab semuanya, dan tim penyusun soal itu adalah dosen-dosen Pariwisata jadi kerahasiaan soal itu dijamin seratus persen”, terang Tandalino.

Terpisah, Maya Rehi, S. Pd, Guru pendamping peserta lomba CCP  asal SMA Negeri 4 Kupang, kepada wartawan mengatakan, lomba CCP yang diadakan HMJ Pariwisata adalah sebuah terobosan yang sangat bagus untuk memperkenalkan pariwisata dan budaya kepada generasi muda.

“Anak anak kita  sangat antusias untuk megikuti lomba CCP yang diadakan HMJ Pariwisata, semoga kedepannya  lomba- lomba seperti ini terus diselenggarakan”, harap Maya.

Peserta cerdas cermat pariwisata saat technical meeting.

39 Tim Siap Berlomba

Ketua HMJ Pariwisata PNK, Kekson Salukh kepada media ini, mengatakan, setelah dilakukan technical meeting di Aula Jurusan Pariwisata, dipastikan 39 tim akan berlaga dalam kegiatan cerdas cermat pariwisata.

“25 tim antar kelas Se -Jurusan Pariwisata dan 14 tim antar SMA/SMK Se-Kota Kupang”, ungkap Kekson.

Kekson menjelaskan, Lomba CCP yang digelar adalah salah satu dari sekian rangkaian kegiatan yang di adakan HMJ Pariwisata dalam Event Kompetisi Pariwisata Politeknik Negeri Kupang (KPPNK) Pertama (I).

“Di dalam event perdana KPPNK yang berlangsung selama tiga hari, kami juga mengadakan lomba Travel Writing, Tourism Movie, Fotografi Destinasi, Seminar, Jalan Sehat dan Pelatihan Jurnalistik”, jelasnya

Selain memperingati Hari Pariwisata Se-dunia, menurut Kekson, event KPPNK I merupakan wujud dukungan PNK terhadap upaya pemerintah menjadikan NTT sebagai New Tourism Territory.

“Mau membangun Pariwisata di NTT bahkan di Indonesia maka kita harus membangun terlebih dahulu SDM masyarakat. Inilah dasar pemikiran kami untuk mengadakan lomba CCP”, jelasnya.

Kekson menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua sekolah dan jurusan Pariwisata PNK yang telah berpartisipasi dalam Kompetisi tersebut.

“Dua bulan lalu saat saya di lantik sebagai ketua HMJ Pariwisata saya berjanji akan mempromosikan PNK sebagai salah satu kampus Negeri yang memiliki jurusan Pariwisata di NTT. Dan event KPPNK ini adalah realisasi dari janji saya. Terimakasih buat kerjasama dari Jurusan Pariwisata untuk menyelenggarakan event ini. Terimakasih juga buat para perwakilan SMA/SMK di Kota Kupang yang telah berpartisipasi, mari berkompetisi secara sportif”, tutup Kekson. (MBN01)