Bantu Wirausahawan Muda, PLAN Siapkan Sebuah Platform Digital

0
1083

Metrobuananews.com | Kupang – Sebagai upaya mendukung suksesnya Wirausahawan muda di Indonesia khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), PLAN Internasional Indonesia, menyiapkan sebuah sistem digital.

Yayasan yang bergerak di bidang sosial dan pemberdayaan ekonomi masyarakat itu, berkomitmen membantu menciptakan sebuah iklim yang kondusif bagi wirausahawan muda untuk bisa berwirausaha.

“Yang dibutuhkan dalam hal ini adalah, knowledge atau keahlian pengusaha itu sendiri, permodalan, tata kelola, sampai pada akhirnya adalah pemasaran”, jelas Ronald Stefanus Gunawan, Learn program Manager PLAN Internasional Indonesia, di Hotel Romytha Kupang, Senin (17/9/2018)

Lebih lanjut Ronald menjelaskan, pihaknya akan mensupport para Wirausahawan muda atau mereka yang punya niat untuk berwirausaha dengan sebuah sistem yang kekinian atau mengikuti perkembangan zaman.

“Kami akan mensupport dengan membuat sebuah platform digital yang disebut dengan Kita Kerja atau Kitakerja.id”, ungkap Ronald

Dalam platform tersebut, lanjut Ronald, terdapat dua hal penting yang diyakini mampu menolong pengusaha muda NTT.

“Ada dua hal dalam sistem digital tersebut, yang pertama tentang ketenagakerjaan, mengatur tentang pelatihan fokasi dan penempatan kerja, danbyang kedua adalah menolong pengusaha sosial atau pengusaha muda yang baru memulai bisnis mereka atau membutuhkan support untuk terus berkembang. Di situ menjadi wadah untuk sharing informasi, keahlian, juga sharing pasar”,  urai Ronald.

Untuk mewujudkan program tersebut PLAN Internasional Indonesia, menggelar workshop dengan mitra PLAN yang akan bermuara pada pembuatan rencana kerja kemudian dilanjutkan dengan pelatihan – pelatihan dan pendampingan kepada pengusaha muda NTT.

Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat dalam sambutannya yang disampaikan Asisten II Provinsi NTT, Alexander Sena, mengatakan kewirausahaan sosial merupakan tren bisnis sekaligus menjadi model pemberdayaan masyarakat yang bakal bermunculan di indonesia.

“Kita berharap agar peserta workshop kewirausahaan sosial dapat menjadi agen perubahan sosial yang dapat menciptakan dan mempertahankan nilai sosial dengan kreatifitas dan inovatif”, kata Alexander Sena.

Dia mengatakan seorang wirausahawan jika ingin sukses harus dapat melaksanakan kegiatan dengan penuh perhatian, rasa tanggung jawab yang tinggi dan tidak mudah menyerah.

“Pemerintah provinsi NTT mendukung penuh langkah yang diambil PLAN Internasional Indonesia, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat”, ungkap Alexander Sena. (MBN01)