Rektor dan Ribuan Mahasiswa Undana “Serbu” Pantai

0
966

Metrobuananews.com | Kupang – Sekitar 5000 mahasiswa Universitas Nusa Cendana (Undana), dibawa pimpinan Rektor Prof. Ir. Fredrik Lukas Benu, M.Si, Ph.D, melakukan aksi bersih pantai dengan “menyerbu” pantai di seputaran kota Kupang, Sabtu (18/8/2018).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka dies natalis Undana yang ke 56 dan juga sebagai bentuk pengabdian kepada ibu pertiwi pada HuT RI yang ke 73.

Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrikus Lukas Benu, M,Si, Ph.D dalam sambutannya saat membuka kegiatan di pantai Paradiso Kuapang, mengatakan bahwa kegiatan bersih pantai dengan memgusung thema Lingkungan Bersih, Masyarakat Sehat, adalah merupakan salah satu bentuk pengabdian Undana kepada masyarakat.

“Kita  buat di ruang terbuka sehingga publik tahu bahwa Undana hadir bukan untuk Undana dan Mahasiswa sendiri tetapi Undana hadir dan bermanfaat bagi masyarakat umum”, ungkap Fred Benu.

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut dikakukan bukan untuk mencari sensasi dan pujian belaka tetapi merupakan sumbangsih nyata Undana terhadap kebersihan Kota Kupang yang berdampak pada kesehetan masyarakat.

“Kita kerja bukan cari untuk pujian,  tetapi mengabdi bagi masyarakat demi menciptkan Lingkungan yang sehat, indah dan bersih”, tegas Fred Benu.

Dr.Alexander Kangkan, S.Pi, M.Si, memimpin pembersihan pantai di Ecowisata Mangrove Oesapa

Terpisah, ketua panitia kegiatan, Dr. Ir. Sunardi, M.Si, menjelaskan, bahwa dipilihnya pantai di sekitar Kota kupang sebagai tempat kegiatan adalah merupakannsalah satu bentuk kampanye kepada masyarakat kota kupang akan penting menjaga kebersihan lingkungan.

“Kita mau memberikan contoh yang baik kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan laut dan lingkungan di sekitar kita, karena sampah akan mengganggu pertumbuhan ekosistem laut dan sampah juga akan mehilangkan nilai estetika lingkungan kita,  apalagi objek wisata, seperti pantai Paradiso, Pantai Lasiana, Hutan Mangrove Oesapa, Pantai Warna dan lainnya”, jelas Sunardi.

Lebih lanjut Dia menjelaskan, yang menjadi lokus dari aksi bersih pantai kali ini yakni Pantai Lasian, Pantai Nunsiu, Pantai Warna, Pantai Ekowisata Mangrove, Pantai Paradiso, pantai Pasir Panjang, Pantai di belakan Hotel Swiss Bellin, Pantai TPI Oeba, Pantai Ketapang Satu, Pantai Kampung Solor, pantai Tedis, Jembatan Selam, Pantai Batu Kapala, Pantai Nunbaun Delha, Pantai Dermaga Namosain dan Pantai di bawah cafe tebing.

Aksi bersih tersebut mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak. Di Objek Wisata Mangrove Oesapa misalnya, Dalce Foeh Ketua RT 02, RW 01, kelurahan Oesapa Barat, menyampaikan apresiasi kepada Undana yang telah berkontribusi dalam menjaga dan mengkampanyekan kebersihan lingkungan khususnya lokasi objek wisata.

“Banyak instansi yang pernah melakukan aksi seperti ini, tetapi kali ini berbeda, mahasiswa betul – betul melakukan kegiatan pembersihan, bukan sekadar datang foto – foto saja”, ungkap Dalce.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Dalce berharap masyarakat kota kupang sadar akan pentingnya kebersihan sehingga tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Mahasiswa berwisata usai bersih pantai. 
Lokasi : Ecowisata Mangrove Oesapa

Pengelola kawasan Mangrove, Ferdy Dethan, menyampaikan terima kasih kepada pihak undana yang telah berpartisipasidalam menjaga kebersihan tempat wisata.

“Kegiatan ini sangat bagus, kalau bisa dilaksanakan secara rutin, mungkin 1 bulan 1 kali”, ujar Ferdy.

Dia berharap pemerintah kota dapat memperhatikan fasilitas yang menunjang kebersihan di lokasi objek wisata.

“Di sini kami kekurangan tempat samapah, juga kenderaan untuk mengangkut sampah. Kalau bisa pak Walikota bantu kami motor sampah 1 unit, khusus untuk lokasi objek wisata ini”, pintanya.

Selain mebersihkan pantai, juga dilakukan penyuluhan tentang lingkungan hidup oleh Dinas Lingkungan Hidup provinsi NTT, dan juga penyuluhan tentang perikanan oleh alumni fakultas perikanan Undana. (MBN01)