Korupsi Dana Desa, Kades Lanaus Dibui 1,6 Tahun

0
1458

Metrobuananews.com | Kupang- Kepala Desa Lanaus, Yohanes Sumu, terdakwa kasus korupsi dana desa tahun anggaran 2016 di Desa Lanaus Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

divonis 1,6 tahun penjara oleh majelis hakim pengadilan Tipikor Kupang.

Sebelumnya, Yohanes dituntut 1,10 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum.

Selain divonis penjara, Yohanes juga divonis denda sebesar Rp 50 juta dengan ketentuan jika tidak membayar, maka akan diganti dengan hukuman kurungan selama 1 bulan. Yohanes juga dikenakan pidana tambahan dengan wajib membayar uang pengganti sebesar Rp 120. 467 juta, paling lambat 1 bulan, jika tidak maka akan diganti dengan hukuman kurungan selama 3 bulan.

“Berdasarkan fakta-fakta yang ada, kami berkeyakinan terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana korupsi sesuai dalam dakwaan subsider,’ ujar Ketua Majelis Hakim, Fransiska Maria Nino, di pengadilan Tipikor Kupang, Selasa (14/8/2018).

Hal-hal yang memberatkan terdakwa yakni, perbuatan terdakwa bertentangan dengan program pemerintah dalam upaya pemberantasan korupsi. Sementara hal meringankan yakni, terdakwa sopan dalam persidangan dan mengakui perbuatannya, belum pernah dihukum dan mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 95 juta.

Kuasa hukum terdakwa, Hangry H.B Pah, S.H, mengaku menerima vonis majelis hakim.  (MBN01)