Heri Kadja : KPU Tak Punya Hak Coret Saya

0
1347

Metrobuananewa.com | Kupang – Ketua DPC Partai Demokrat kota Kupang, Heri Kadja, angkat bicara soal Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang yang menganulir dirinya dari daftar calon sementara (DCS) anggota legislatif (Caleg) Kota Kupang.

Anggota DPRD Kota kupang (aktif) itu mengaku bingung dengan keputusan KPU yang terkesan tendensius.

“KPU yang menetapkan dan saya ada dalam daftar calon sementara, tetapi kenapa tiba – tiba hari ini (selasa, 14/2018) saya dikeluarkan lagi dari DCS”, ungkap Heri saat dikonfimasi media via telepon selularnya, Selasa (14/8/2018).

Terkait alasan KPU mengeluarkan dirinya dari DCS dengan pernah dipidana karena kasus kekerasan terhadap anak dibawah umur dibantahnya.

“Putusan saya ketika itu pasal 285 KUHP, kasus pemerkosaan, masuk dalam pidana umum, walaupun unsur – unsur terpenuhi tapi waktu itu tidak ada undang – undang perlindungan anak, undang – undang kan tidak berlaku surut, tolong itu dipahami”, tegasnya.

Menurut Heri, sesuai tahapan pencalegan ketika sudah masuk DCS maka selanjutnya menunggu hasil uji publik sebelum ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT).

“Dalam masa uji publik ini biarlah masyarakat menilai, kemudian dikembalikan ke partai, kalau partai mengatakan lolos ya saya lolos. KPU tidak punya hak mencoret saya sebagai calon, kalau masih bakal calon sih oke”, ujar Heri Kadja diplomatis.

Dia mengatakan saat ini pihaknya masih mempelajari aturan terkait persoalan yang dihadapinya dan berkonsultasi dengan beberapa pakar hukum tata negara untuk selanjutnya menetukan langkah yang akan diambil.

“Bisa saja saya menggugat, bisa juga mengaminkan saja keputusan KPU”, pungkas Heri. (MBN01)