Humaniora

Lantamal VII Kupang dan Undana Gelar Pengobatan Gratis

Bagikan :

Metrobuananews.com | Kupang – Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VII Kupang bekerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Nusa Cendana (Undana) menggelar pengobatan gratis bagi warga desa Kolbano, kecamatan Kolbano, Kabupaten TTS, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin Lantamal VII dan Diesnatalis Undana, tentang tentang Pengentasan Keterbatasan Pelayanan Kesehatan di daerah pesisir dan terpencil dan Terdepan di wilayah kerja Lantamal VII.

Karumkital Samuel J Moeda Kupang, Mayor laut (K) dr Slamet Rahardja, Sp.B,  spesialis bedah, mengatakan acara ini merupakan wujud tanggung jawab TNI Angkatan Laut dalam rangka peran serta membantu tugas pemerintah daerah untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Pelayanan kesehatan gratis itu dilakukan oleh Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Samuel J. Moeda Lantamal VII Kupang meliputi Pelayanan Kesehatan Umum, mata, THT, Gigi, dan  khitanan”, kata Slamet.

Sedangkan untuk penyuluhan kesehatan, Dia memgatakan sudah di lakukan pada Jumat (4/8/2018) oleh  pihak FKM Undana di sekolahan SD, SMP, SMA di Kolbano, serta pemberian tali asih di gereja Ora Et Labora Kolbano.

Dekan FKM Undana, Apris Adu, M. Kes, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi dari pihak Lantamal VII, khususnya Rumkital  Samuel J Moeda  Kupang, dan FKM Undana dalam rangka bakti  sosial kesehatan yang di adakan di desa kolbano.

Usa Lakapu salah satu pasien, warga Kolbano menyampaikan apresiasi setinggi – tingginya atas kegiatan yang dilakukan oleh TNI AL Khususnya Lantamal VII Kupang, dalam hal ini Rumah sakit samuel J Moeda dan FKM Undana dalam upaya memberikan kontribusi terhadap pelayanan Kesehatan.

“Semoga kegiatan ini bisa berlangsung secara rutin dan bisa meringankan beban masyarakat di Kolbano, mengingat terbatasnya layanan kesehatan di kolbano yang serba terbatas,” harap Usa.

Baca Juga:  Seram !!! Peti Mati Berjejer di Kantor Gubernur NTT

Pantauan media, warga kolbano sangat antusias mengikuti pelayanan kesehatan. Bahkan dalam sehari 275 pasien mengikuti pengobatan gratis.

Turut hadir dalam acara Baksos di antaranya   perwira dan anggota rumkit yang terlibat, Asisten1 dan sekda TTS,  Dekan FKM Undana dan Mahasiswa  FKM Undana. Kegiatan tersebut diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama. (MBN01)

 

11 Views
Bagikan :

Tagged