Karya Investigasi Mendunia, Jhon Seo Raih SOPA Award

0
4056

Metrobuananews.com | Kupang – Jhon Seo, Wartawan TEMPO asal Nusa Tenggara Timur (NTT), akhirnya dianugerahi penghargaan atas karya besar investigasi kolaboratifnya dengan media Malaysiakini.com, sehingga dalam waktu dekat akan bertolak ke Hongkong.

Pengahargaan dari society of Publisher in Asia (SOPA) itu, layak diberikan kepada Jhon dan rekannya dari negeri Jiran Malaysia, karena berhasil membongkar jaringan perdagangan orang antar negara lewat sebuah karya investigasi heroik.

Ditemui di sela – sela kesibukannya, kepada media ini, Jhon mengatakan, Dia tidak menduga akan memperoleh penghargaan tersebut, pasalnya ketika itu, Ia hanya menjalankan tugasnya sebagai seorang jurnalis secara profesional.

“Tentu saya sangat bersyukur dan bangga, Ini investigasi tim, tidak bisa dilakukan sendirian,”kata wartawan Tempo asal NTT, John Seo, Senin, (9/7/2018).

Dia mengisahkan, dalam proses berita investigasi tersebut, Ia kebagian menyusuri alur perdagangan manusia dari NTT hingga Malaysia , melalui jalur ilegal atau yang sering disebut sebagai jalur tikus.

“Saya sempat menyamar menjadi seorang Cukong, dan berpindah-pindah hotel selama di Malaysia”, pungkas Jhon.

Bahkan menurutnya, untuk memasuki kawasan penampungan TKW/TKI di malaysia butuh keberanian dan strategi karena nyawa taruhannya.

“Berbagai tantangan saya hadapi tapi saya bersyukur dapat menyelesaikan investigasi itu dengan baik”, ujar Jhon.

Hasil investigasi tersebut, selanjutnya terbit di Majalah TEMPO dan Malaysiakini.com dengan tajuk ‘Following the Illegal Indo-M’sia Maid Trade’.

Karya tersebut oleh, SOPA, dinilai terbaik dan layak diberi penghargaan bertaraf internasional, yang mana sebelumnya bersaing dengan Reuters , The Wall Street Journal dan dua media berbahasa mandarin lainnya dalam kategori Excellence in Investigative Reporting. (MBN01/**)