Palu ‘Keramat’ Bunyi, Kodi Mete Menang, MDT Tumbang

0
3904

Metrobuananews.com | Kupang – Perhelatan politik pemilihan kepala daerah (Pilkada) di kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) akhirnya sampai pada penghujung kompetisi.

Komisi pemilihan umum daerah (KPUD) kabupaten SBD akhirnya mengetuk  Palu ‘keramat’ pada rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati yang digelar Jumat (6/7/2018) kemarin.

Dentuman palu tersebut menggetarkan sekaligus membuat SBD hening. Betapa tidak, Markus Dairo Talu (MDT) sang Incumbent akhirnya tumbang di tangan Kornelis Kodi Mete, salah satu rivalnya politiknya.

Pasangan Kornelius Kodi Mete – Marthen Christian Taka, dengan perolehan suara 67.764,  ‘menggilas’ pasangan Markus Dairo Talu-Gerson Tanggu Dendo (63.886) dan Dominggus Dama-Kornelis Tanggu Bore, yang hanya mampu mengumpulkan 11.660 suara.

Di penghujung rapat pleno, Ketua KPUD SBD, Mikhael Bulu, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya seluruh tahapan pilkada di SBD hingga pleno berjalan aman dan lancar.

“Hasil ini sudah kita kantongi dan ketahui bersama-sama dan sudah ditetapkan KPU. Kepada semua pihak yang terlibat dalam pleno hari ini, kami dari KPU mengucapkan terima kasih,” ujar Mikhael Bulu, seperti dilansir Kompas.com, Jumat (6/7/2018).

Terpisah, Kornelis Kodi Mete, usai rapat pleno, kepada awak media, menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat SBD yang telah memberikan amanah kepada dirinya untuk memimpin SBD 5 tahun kedepan.

“Pilkada telah usai, mari kita bersatu untuk membangun SBD lebih baik”, ujar Kodi Mete menyejukan.

Dia berharap, riak – riak kecil yang merupakan bagian dari dinamika saat proses demokrasi berjalan, agar dilebur menjadi kekuatan untuk bangkit bersama menuju SBD sejahtera. (MBN01)