Tumbuh Kembangkan Jiwa Kebaharian Generasi Muda, Lantamal VII Kupang Gelar BJRB

0
2922

Metrobuananews.com | Kupang – sebagai upaya menumbuh kembangkan jiwa kebaharian generasi muda yang kian pupus tergerus waktu, Pangkalan Utama TNI Angkata Laut (LANTAMAL) VII Kupang menggelar kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI Angkatan Laut tahun 2018.

Kegiatan BJRB dengan mengusung thema “Dalam rangka membentuk sikap mental, kejuangan, jiwa bahari dan semangat pengabdian yang tinggi dengan di landasi oleh nilai-nilai pancasila “, diikuti 600 peserta yang terdiri dari Mahasiswa, pelajara tingkat SMP dan SMA baik dari Kota dan Kabupaten Kupang, Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), dan Kabupaten Rote Ndao.

Komandan Pangakalan Utama TNI Angkatan Laut VII (Danlantamal VII) Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H, saat membuka kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI Angkatan Laut tahun 2018 di Lapangan Apel Mako Lantamal VII Kupang, Kamis (05/07/2018) mengatakan, kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) bertujuan untuk mengingatkan kembali generasi muda tentang Jati Diri Bangsa Indonesia sebagai Bangsa Bahari.

“Kegiatan ini diselenggarakan sedini mungkin bagi generasi muda dengan tujuan menumbuhkan kembali sisi maritime yang selama ini semakin memudar”, ungkap Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang.

Lebih lanjut Situmorang mengatakan, sebagai penjaga kedaulatan negara di laut, TNI AL dalam hal ini Lantamal VII ikut berperan aktif dalam menumbuh kembangkan jiwa kebaharian kepada generasi muda.

“Para peserta BJRB ini akan mengikuti Pelayaran KRI Multatuli -561 yang akan dimulai dari dermaga mako lantamal VII Kupang menuju Pulau Flores tepatnya di Kab. Sikka. Diagendakan sesampainya di Kab. Sikka para peserta BJRB akan menerima pembekalan dari Bupati Sikka dilanjukan kegiatan Bhakti Sosial, Penanaman Mangrove, Pelepasan Bibit Lobster serta Pembersihan Pantai”, Jelas Situmorang.

Selain bertujuan menciptakan generasi muda bahari dengan sumber daya kelautan yang berkualitas, Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang mengatakan, BJRB diharapkan menjadi tali temali penyambung silaturahmi generasi muda di seluruh NTT.

“Kegiatan BJRB ini mempunyai makna penting yaitu merupakan wahana yang efektif untuk mempererat tali persaudaraan para remaja yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa”, tandasnya.

Dia berharap, dengan mendapatkan penyuluhan dan pembinaan mental tentang persatuan dan kesatuan serta keimanan dan ketaqwaan, para remaja yang ikut berpartisipasi menjadi generasi kebanggan bangsa Indonesia, berakhlak terpuji, berbudi luhur dan menjadi generasi muda yang cinta bahari.

Usai upacara pembukaan kegiatan BJRB, para peserta diarahkan menuju dermaga mako Lantamal VII dan menerima arahan serta pembagian kelompok dan selanjutnya peserta BJRB berlayar menggunakan KRI Multatuli- 561 menuju maumere yang direncanakan berlangsung selama 5 hari, yakni mulai tanggal 5 sampai 9 Juli 2018. (MBN01/Lantamal).