Pemerintahan

Kreatif! Samsat Kota Kupang Sambangi Wajib Pajak di Kelurahan

Kepala UPTD Samsat Kota Kupang, Noldy Sanam

Metrobuananews.com | Kupang – Sebagai upaya mendekatkan pelayanana kepada masyarakat Kota Kupang, UPTD Samsat Kota Kupang membuat terobosan baru dengan melakukan pelayan hingga tingkat Kelurahan.

“Terobosan ini kami buat untuk membantu wajib pajak yang memiliki kesibukan tinggi dan tidak sempat datang ke kantor Samsat”, ungkap kepala UPTD Samsat Kota Kupang, Noldy Sanam, Rabu (9/5/2018).

Dia mengatakan, masalah tunggakan pajak di kota Kupang tidak sepenuhnya diakibatkan oleh ketidakpatuhan warga, karena itu menurut Noldy, perlu ada terobosan yang memberi kemudahan bagi wajib pajak.

“Saya berkoordinasi dengan para Lurah untuk kerjasama, mereka (Lurah- Red) sangat antusias dan siap membantu. kemudian kami tindaklanjuti dengan surat resmi tembusan Camat dan Walikota”, jelas Noldy.

Selain Kelurahan, Lanjut Noldy, pihaknya juga bekerjasama dengan tokoh agama untuk mengumumkan lewat mimbar – mimbar gereja dan tempat ibadah lainnya, menghimbau masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor di kantor Lurah.

“Sebelum petugas kami turun ke kantor Lurah, kami juga sudah bekali dengan nama – nama wajib pajak per Kelurahan,  khusus yang masih tunggakan pajak kami minta bantuan pihak kelurahan untuk dihadirkan”, terang Noldy.

Lebih lanjut, kata Noldy, petugas Samsat yang turun ke setiap kelurahan dilengkapi dengan surat pernyataan, sehingga bagi penunggak pajak yang belum bisa melunasi pajaknya, diberi tenggang waktu tetapi diwajibkan membuat surat pernyataan kesiapan membayar pajak dengan deadline waktu yang ditentukan oleh pihak Samsat.

“Petugas yang turun ke setiap kelurahan minimal 3 orang, masing – masing ahli di bidangnya, 1 orang khusus menghitung pajak, 1 orang bagian administrasi, dan 1 pemegang kas”, jelas Noldy.

Menurut Dia, program Samsat turun kelurahan ini diawali di empat kelurahan yakni Kelurahan Oesapa,  Air Mata, Lasiana dan Alak.

“Saya bersyukur karena staf sangat mendukung. Saya berpesan kepada mereka untuk melayani dengan hati”,  pungkas Noldy.

Selain terobosan tersebut, Samsat Kota Kupang juga bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk melakukan operasi gabungan.

Pada kesempatan itu juga, kepala UPTD Samsat Kota Kupang mejelaskan bahwa setoran pajak di Samsat Kota Kupang terhitung Januari hingga April 2018 mencapai 45.36 persen.

“Total penerimaan kami sebesar Rp.51.944 Miliard, atau 45.36%, dari target,  Rp.113.830 Milliar. Saya yakin dengan berbagai upaya, kami akan mencapai target, kalau bisa melampaui target”,  ujarnya Optimis.

Kendati baru beberapa bulan menjabat sebagai kepala UPTD Samsat Kota Kupang, namun dengan semangat pamong praja dan kreativifitas yang dimilikinya, Ia melihat segala sesuatu dengan cara berbeda dan baru, yang tidak dilihat oleh orang lain. (Nyongky)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top