Salut! Ratusan Relawan Muda Harmoni Gelar Aksi Peduli Lingkungan

0
380

Metrobuananews.com | Kupang – Ratusan anak muda yang tergabung dalam komunitas Relawan Muda Harmoni (RMH), menggelar aksi peduli lingkungan dengan gerakan pungut sampah di pantai Warna Oesapa, Kupang, Minggu (7/4/2018) sore.

RMH merupakan “Pejuang” pasangan calon Gubernur NTT, Benny K Harman dan Benny A Litelnoni, yang diusung koalisi kebhinekaan.

“Kami datang dari berbagai latarbelakang pendidikan, suku dan agama tetapi kami sepakat untuk menyatukan perbedaan itu dalam kebhinekaan untuk NTT yang Harmonis dan Sejahtera”, ungkap Koordinator lapangan, Salesius Lega, kepada awak media.

Usai membersihkan pantai, Relawan Muda Harmoni pose bersama.

Aksi yang dilakukan RMH, lanjut Salesius, merupakan implementasi dari kepedulian paket Harmoni terhadap kebersihan lingkungan.

“Kami sebagai relawan muda ingin memberikan pendidikan politik yang baik kepada seluruh masyarakat NTT,  agar tidak hanya sibuk dengan urusan politik lalu mengesampingkan masalah sosial dan pelestarian lingkungan”, tegas Salesius.

Dia mengatakan, RMH adalah gabungan relawan dari beberapa daerah di NTT seperti Ende, Ngada, Sumba,  Sabu,  Rote, Malaka dan lainya, yang berkomitmen untuk menjembatani  program prioritas paket HARMONI terhadap masyarakat NTT serta menjaga keharmonisan dengan alam.

Konfoi Relawan Muda Harmoni menuju Pantai Warna Oesapa

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung paket HARMONI membangun NTT melalui sektor Pariwisata”, tandas Salestinus.

Ditempat yang sama,  koordinator lapangan, Selavianus Jumardi, mengatakan aksi yang dilakukan merupakan wujud dukungan kepada paslon nomor urut tiga yang juga konsen pada pengembangan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata.

“Tidak perlu teori pariwisata yang super Wow, kami memulai dari hal kecil tetapi dampaknya besar. Kita melakukan gerakan pungut sampah bersama di objek wisata,  kali ini di pantai Oesapa. Jika pantai bersih, banyak orang akan datang”, pungkas Selavianus.

Relawan Muda Harmoni di Bukit Cinta

Sebelum “menyerbu” sampah di pantai Warna Oesapa, 230 relawan muda berseragam HARMONI, berkumpul di Bukit Cinta sambil mempersiapkan segala fasilitas yang dibawa ke pantai dan juga mendengar arahan dari koordinator lapang kemudian konfoi menuju pantai Oesapa dan membersihkan sampah yang berserakan di bibir pantai.

Baggide, salah satu warga yang tinggal deķat Pantai Oesapa, mengaku sangat bangga dan mengapresiasi anak – anak muda yang punya kepedulian terhadap lingkungan hidup,  khususnya pantai Oesapa.

“Terima kasih kepada relawan muda HARMONI yang melakukan kegiatan pembersihan pantai pada hari ini. Saya sangat senang dengan anak-anak muda yang peduli dengan kondisi Pantai Oesapa ini”, ujar Baggide.

Menurutnya, selama ini banyak yang bicara peduli terhadap pariwisata dengan konsep pembangunan pariwisata yang luarbiasa tetapi pada kenyataannya hanya teori belaka,  bahkan kalau dilaksanakanpun bermuara pada kepentingan pribadi.

“Paket Harmoni layak didukung,  saya ajak semua masyarakat yang ada di sekitar pantai Oesapa dan para pengunjung untuk pastikan pilihan kita paket nomor urut 3”, tutupnya. (MBN01/*)